Home Politik PKS Beri Prioritas Milenial Daftar Caleg Pemilu 2024

PKS Beri Prioritas Milenial Daftar Caleg Pemilu 2024

Magelang, Gatra.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan prioritas kepada anak muda atau biasa disebut kaum milenial untuk mendaftarkan sebagai calon legislatif (caleg) pada pemilu 2024 mendatang.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu, menyatakan kreatifitas serta semangat yang dimiliki anak muda sangat diperlukan dalam upaya pembangunan bangsa saat ini.

“Kami membuka kesempatan pendaftaan calon anggota legislatif anak muda, karena kreatifitas anak muda sangat diperlukan dalam memecahkan solusi kebangsaan,” katanya pada launching pendaftaran caleg muda PKS di Kota Magelang, (7/11).

Acara launching ditandai secara simbolis pendaftaran caleg muda. Hadir dalam acara itu Ketua DPW PKS Jawa Tengah (Jateng) Muh. Haris, ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Gamal Albinsaid, anggota Fraksi PKS DPRD Jateng, dan Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS Jateng, Ashim Adzdzorif.

Lebih lanjut, Ahmad Syaikhu menyatakan, berdasarkan statistik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, diprediksi usia produktif kembali mendominasi pada pemilu 2024 dengan jumlah 191.570.000 penduduk atau 67,9% dari total penduduk. Di mana sekitar 85 juta penduduk merupakan usia 17-35tahun.

Pemilih muda cenderung akan memilih wakil rakyat yang mampu mewakili ide-ide serta kreatifitas anak muda, atau bahkan mewakili generasinya.

“Dengan banyaknya anak muda duduk di kursi legislatif maka diharapkan proses demokrasi dan pemerintahan ke depan akan memiliki ide-ide baru yang lebih fresh,” ujar Ahmad Syaikhu.

Ketua DPW PKS Jateng, Muh. Haris dalam kesempatan sama menyatakan, komposisi caleg muda pada pemilu 2024 sebanyak 15% dari total caleg PKS di Jateng.

“Kami akan memberikan nomor prioritas kepada beberapa caleg muda. Karena anak muda bukan hanya sebagai penggaet suara, tetapi adalah wakil dari generasi muda itu sendiri,” katanya.

Haris menambahkan keterlibatan anak muda di PKS bukan semata-mata mendekati pemilu saja, sebab PKS Jateng sudah membentuk komunitas-komunitas kecil berbasis hobi seperti PKS Art, PKS TV, relawan literasi dan lainnya.

“Sekarang kami buka lebih luas lagi terutama untuk anak muda yang memang ingin terjun langsung ke politik dengan membuka kesempatan melalui pendaftaran caleg muda,” ujar wakil wali kota Salatiga ini.

1460