Home Regional Pemkab Sukoharjo Gelontorkan Dana Miliaran untuk Pengadaan Motor

Pemkab Sukoharjo Gelontorkan Dana Miliaran untuk Pengadaan Motor

1355

Sukoharjo, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo melakukan pembelian sepeda motor jenis Yamaha Lexi. Motor tersebut rencananya akan digunakan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Sukoharjo.

Kabag Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten (Setda Pemkab) Sukoharjo, Feriyanti mengatakan, pihaknya melakukan pembelian sebanyak 351 unit sepeda motor Yamaha Lexi.  "Rinciannya untuk Bhabinsa sebanyak 184 unit, dan Bhabinkamtibmas 167 unit," katanya, Senin (8/11).

Alasan memilih Yamaha Lexi sendiri lantaran motor tersebut harganya cukup murah, dan bisa melalui berbagai medan. Harga per unit motor tersebut sebesar Rp 21.841.000.

Dari anggaran Rp7,7 miliar, dana realisasi atas pengadaan sepeda motor tersebut sebesar Rp 7,6 miliar. Motor baru Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas akan menggunakan plat merah, dengan warna motor mewah.

"Warna motor itu saya sendiri yang memilih, karena saya suka warna merah, jadi saya pilih warna merah," paparnya.

Motor Lexi tersebut akan dipinjamkan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas selama satu tahun, dengan opsi bisa diperpanjang. Feri mengaku, pengadaan motor ini bertujuan untuk membantu mobilitas para Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, serta mendukung dalam pengawasan Covid-19. 

Sementara itu, serah terima motor tersebut akan dilakukan besok, Selasa (9/11). Motor akan dikirim ke masing-masing instansi, yakni Polres Sukoharjo dan Kodim 0726/Sukoharjo. Namun, Bupati Sukoharjo Etik Suryani akan menyerahkan secara simbolis di Kantor Dinas Bupati Sukoharjo besok pagi. 

Sebelumnya, Pemkab Sukoharjo juga pernah melakukan pengadaan motor untuk Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. Motor tersebut jenis Honda Megapro tahun 2014 sebanyak 24 unit. 

"Megapro-nya kita ditarik, diserahkan kabagian aset, lalu dipindahkan ke Satker yang membutuhkan seperti ke Dinas Sosial," tandasnya.


 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS