Home Nasional Presiden Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata

73

Jakarta, Gatra.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Ziarah Nasional yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Rabu (10/11). Upacara tersebut digelar untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada hari ini.

Upacara tersebut dimulai sekira pukul 08.00. Jokowi memasuki area Tugu Makam Pahlawan sekitar sepuluh menit kemudian. Ia tak senddiri. Ia didampingi oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Upacara ini dimulai dengan hormat senjata kepada arwah para pahlawan. Bunyi sirine kemudian berdengung sebagai bentuk peringatan atas pengorbanan para pahlawan di Surabaya pada 10 November 1945.

Jokowi kemudian memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta. “Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Setelah itu, rangkaian upacara selanjutnya adalah peletakan karangan bunga. Jokowi mengantar karangan bunga dengan tulisan “Pahlawanku Inspirasiku”. Baru seusai itu, upacara dilanjutkan dengan pemanjatan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

“Wahai Tuhan yang menggaristakdirkan kepahlawanan, wahai Tuhan yang menganugerahkan kemenangan melalui perjuangan, wahai Tuhan yang merajut Nusantara dalam bingkai kebangsaan, rahmati para pendahulu kami dengan rida dan ampunan-Mu,” tutur Yaqut lirih.

Usai upacara di TMP Kalibata, Presiden Jokowi akan bertolak ke Istana Negara Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam acara itu, Jokowi diagendakan untuk memimpin Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan dan Tanda Kehormatan.

Terdapat empat tokoh yang akan diberi gelar pahlawan nasional, yaitu Usmar Ismail, Tombolotutu, Sultan Aji Muhammad Idris, dan Raden Aria Wangsakara.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS