Home Regional Ketua DPRD Kendal Ziarahi Makam Pahlawan Bareng Anak Pejuang dan OKP

Ketua DPRD Kendal Ziarahi Makam Pahlawan Bareng Anak Pejuang dan OKP

257

Kendal, Gatra.com - Guyuran hujan, tak menyurutkan tekad para anak dan cucu pejuang veteran kemerdekaan bersama sejumlah pegiat Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun menziarahi makam pahlawan di TMP Kusumajati Kendal.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh para putra dan cucu pejuang veteran bersama OKP dan organisasi kemahasiswaan di Kabupaten Kendal. Menurutnya peringatan Hari Pahlawan pada Rabu (10/11) lalu itu, menjadi momentum untuk mengangkat kembali semangat perjuangan pahlawan kemerdekaan. 

"Saya sangat apresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh para pemuda, baik dari PPM, PMII maupun KNPI. Karena kemerdekaan bangsa ini dulunya juga atas berkat semangat perjuangan dari para pemuda. Begitu juga hari ini, Kendal akan maju kalau para pemudanya juga bergerak, tentunya dengan dilandasi rasa kecintaan terhadap tanah air," ujar Makmun, Jumat (12/11).


Lebih lanjut disampaikan, pemuda hari ini menghadapi tantangan serius di era industri 4.0 dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Menurutnya kemajuan teknologi di satu sisi memberikan dampak positif, namun di lain pihak juga dapat mengancam pudarnya nasionalisme.

"Banyaknya konten-konten yang mengarah pada paham radikalisme menjadi ancaman terhadap kelangsungan NKRI. Pemuda harus bisa menjadi produsen konten-konten positif, terutama terkait ideologi negara bahwa Pancasila sudah final. Mau tidak mau, anda semua harus melek teknologi informasi dan komunikasi," tegasnya.

Budi Kurniawan, Wakil Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII), mengatakan kegiatan yang digagas Pemuda Panca Marga (PPM) Markas Cabang Kendal bersama PMII dan KNPI untuk memperingati Hari Pahlawan. 

Pegiat kepemudaan yang juga cucu dari pejuang veteran kemerdekaan ini berharap melalui kegiatan ini mengajak masyarakat untuk menggali kembali semangat dari para pahlawan. Terutama dari kalangan pemuda, diharapkan dapat meneladaninya dengan bersinergi membantu pemerintah membangun daerah. 

"Sebagai refleksi Hari Pahlawan dalam konteks hari ini, kalau dulu orang tua dan kakek-kakek kita berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, pemuda hari ini mencurahkan energi dan pikirannya untuk membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua PPM Macab Kendal, Kharis M Mansyur, mengatakan semangat perjuangan dari pahlawan kemerdekaan perlu terus ditularkan kepada generasi muda. Menurutnya peringatan Hari Pahlawan menjadi momen yang tepat untuk menebarkan semangat para pejuang kemerdekaan. Dengan begitu, harapnya akan tumbuh dan bertambah rasa kecintaan terhadap tanah air.

"Kami sebagai wadah organisasi anak dan cucu para veteran yang ada di Kabupaten Kendal mendukung penuh program pemerintah untuk membangun Kendal yang lebih baik," tegasnya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS