Home Pendidikan Digitalisasi Kampus Jadi Fokus Kolaborasi Kemendikbudristek

Digitalisasi Kampus Jadi Fokus Kolaborasi Kemendikbudristek

77

Jakarta, Gatra.com - Langkah Digitalisasi Pendidikan di tingkat Perguran Tinggi masih menjadi fokus. Untuk mengakselerasi langkah ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng PT Telkom Indonesia.

Kolaborasi keduanya dalam pengakselerasian digitalisasi pendidikan, akan tercipta melalui prkgram Telkom Smart Campus Awards (TeSCA). 

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kemendikbudristek, Nizam, menjelaskan bahwa TeSCA akan menjadi wadah inovasi bagi kampus.

“Perguran tinggi bisa mendapat sokongan dari PT Telkom dalam hal mengembangan inovasi. Hal ini tentunya dalam hal mengakselerasi digitlasasi pendidikan,” kata Nizam dalam Taklimat Media daring, Senin (15/11).

Menurut Nizam, digitalisasi pendidikan di taraf Perguran Tinggi pun nantinya akan menjadi penanda masuknya era pendidikan baru di Perguruan Tinggi, yakni Kampus 5.0. Oleh karenanya, program TeSCA yang mengusung smart campus sejatinya sejalan dengan arah perkembangan pendidikan.

“Digitlasisasi juga akan menghadirkan apa yang kita sebut dengan kampus cerdas, Kampus 5.0. Setelahnya, langkah kolaborasi ini juga akan bisa memetakan kembali perguruan tinggi kita kedepan,” terangnya.

Disisi lain, Direktur Enterprise Bisnis Service PT Telkom, Edi Witjara, menyebut bahwa pihaknya melalui TeSCA siap untuk mendukung inovasi dari talenta digital Indonesia. Menurutnya, TeSCA juga menjadi langkah kolaborasi antara perguruan tinggi, industri dan pemerintah untuk mengembangkan teknologi masa depan

"Kita di Industri siap mewadahi ini. Kita bisa melakukan improve apa yang dihasilkan perguruan tinggi juga kita dukung. Dengan sinergi kampus, bisnisnya, penelitinya, pemerintah tentu ini akan memberikan impact yang bagus juga," kata Edy.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS