Home Pendidikan Dianggarkan Rp 8,4 Miliar, Pemkab Wonogiri Bagikan Siswa Seragam Gratis

Dianggarkan Rp 8,4 Miliar, Pemkab Wonogiri Bagikan Siswa Seragam Gratis

1156

Wonogiri, Gatra.com - Sebagai salah satu wujud implementasi program di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memberikan seragam sekolah gratis ke peserta didik jenjang SD hingga SMP. Penyerahan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (15/11).

Bupati Wonogiri mengatakan, pemberian seragam sekolah gratis ini sebagai upaya menjamin terselenggaranya pendidikan yang setara bagi segenap masyarakat. Selain itu dimaksudkan untuk meringankan biaya pendidikan bagi orang tua/wali peserta didik, terlebih dalam kondisi Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Alhamdulillah APBD kami sudah mempunyai komitmen yang cukup luar biasa bahwa era covid ini tetap harus memprioritaskan skala yang paling prioritas, yaitu penanganan kesehatan dan juga pelaksanaan pendidikan," kata Bupati yang akrab disapa Jekek tersebut.

Seragam sekolah gratis tersebut dibagikan ke peserta didik baru jenjang SD/MI dan SMP, MTs di tahun pembelajaran 2021/2022 baik negeri maupun swasta. Dengan rincian 9.370 untuk siswa tingkat SD/MI, dan sebanyak 12.512 untuk siswa tingkat SMP/MTs.

Tak hanya satu stel saja, para peserta didik mendapatkan tiga stel seragam gratis sekaligus. Dimana untuk peserta didik SD/MI menerima dalam bentuk seragam jadi, sedangkan untuk peserta didik SMP dalam bentuk kain bahan seragam.

"Anggaran butuh Rp 8,4 miliar, semua jenjang," ucapnya.

Menurut Jekek, pemberian seragam sekolah gratis ini sekaligus sebagai upaya agar pendidikan tidak ada diskriminasi. Karena menurutnya pendidikan harus dapat diakses semua lapisan masyarakat dan dijamin sebaik-baiknya dengan adanya sinergitas yang baik antar semua instansi.

"Setiap tahun kita alokasikan anggaran untuk penyelenggaraan program seragam gratis," ujarnya.

Selain pemberian seragam gratis pemerintah kabupaten juga berupaya menjadikan generasi yang berkualitas, bisa berkompetisi, mendiri dan berkarakter. Serta generasi yang ke depan menjadi ikon perubahan di Kabupaten Wonogiri dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi.

Jekek tak menampik kemungkinan pada tahun 2022 akan memberikan bantuan seragam gratis bagi pelajar SMU sederajat. Sebab manajerialnya sekarang berada di provinsi.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Wakil Bupati Setyo Sukarno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yuli Bangun Nursanti, Kabag SDM Polres AKP Prawito, dan Kajari Tailani Moehsad. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS