Home Sumbagsel Lomba Renang Seberangi Sungai Musi Piala Presiden Jokowi akan Digelar PRSI

Lomba Renang Seberangi Sungai Musi Piala Presiden Jokowi akan Digelar PRSI

434

Palembang, Gatra.com – Gelaran kejuaraan Nasional Lomba renang alam terbuka menyeberangi Sungai Musi untuk mendukung sport tourism yang dapat meningkatkan sektor wisata dengan pertumbuhannya paling cepat, karena semakin banyak wisatawan yang tertarik pada aktivitas olahraga, segera akan dihelat.

Hal itu, dikatakan, Sekertaris Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Palembang, Daeng Supriyanto, saat berbincang dengan wartawan pada Selasa (16/11) di kolam renang Lumban Tirta.

"Kita sudah siapkan konsep program awal tahun depan, kami akan mempertandingkan kejuaran lomba renang alam terbuka di Sungai Musi," katanya.

Daeng juga mengatakan, dengan mengangkat tema "Wisata Budaya Olahraga Menyeberangi Sungai Musi" memperebutkan piala Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada 13 Maret 2022 nantinya, yang bertepatan dengan hari ulang tahun PRSI.

Menurutnya, olahraga alam terbuka ini jarang sekali dihelat, harapannya dapat mengangkat marwah Kota Palembang semakin dikenal baik masyarakat Indonesia.

"Dari seberang ulu di Kampung Kapiten akan menyeberangi Sungai Musi ke Benteng Kuto Besak (BKB), tapi startnya dari BKB itu," ungkapnya

Event kejuaraan tingkat nasional itu juga, sebagai bentuk upaya mengenalkan kearifan lokal yang ada di Kota Palembang. Selain itu, senada dengan pencanangan yang dilakukan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni mengembangkan sport tourism.

Sport tourism yaitu wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga bertujuannya untuk mempromosikan destinasi wisata melalui berbagai jenis kegiatan olahraga. Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Kota Palembang, sport tourism sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

"Pastinya kita akan bicarakan dahulu dengan pihak Kemenpora untuk event itu nantinya, dan kami juga akan menyakinkan pihak pemerintah pusat dengan program yang kami buat, kita juga berharap dukungan langsung dari Presiden RI untuk event ini," harapnya.

Lanjut dia, ke depan kejuaraan renang Sungai Musi dapat juga memberikan edukasi kepada masyarakat dalam melestarikan dan menjaga budaya dan alamnya.

"Kita baru menggadang-gadangkan kejuaraan lomba renang alam terbuka untuk antarinstansi, baik negeri dan swasta. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk umum juga se-Indonesia. Nanti kita bicarakan dahulu sama pihak Kemenpora," jelasnya.

PRSI juga berharap kegiatan itu dapat menjadi agenda tahunan Kemenpora yang dapat menjadi event positif yang dapat terlaksana setiap tahunnya.

"Semoga event ini dapat terlaksana, serta dapat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Isnaini Madani, sangat mendukung untuk terlaksananya kegiatan tersebut. Karena budaya dan sejarah yang ada di Kota Palembang dapat terus dilestarikan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan pengembangan sport tourism yang dapat berdampak positif, baik dari segi perekonomian serta peningkatan dalam bidang olahraga.

"Kita harus dukung dan kita juga butuh dukungan pemerintah pusat serta masyarakat. Agar kegiatan ini dapat terlaksana," katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS