Home Regional Pasar Sumpiuh Banyumas Terbakar, Empat Kios Ludes

Pasar Sumpiuh Banyumas Terbakar, Empat Kios Ludes

1567

Banyumas, Gatra.com - Pasar Sumpiuh Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terbakar pada Rabu (17/11) pagi. Peristiwa tersebut mengakibatkan empat kios dan lima lapak pedagang ludes terbakar.

Kepala UPT Damkar Banyumas M Fadly Ahsani mengatakan kebakaran pertama kali diketahui salah seorang warga, Mujiono (51), sekitar pukul 00.30 WIB.

"Saksi saat itu sedang berkeliling pasar tiba-tiba melihat api di bagian belakang ruko pasar. Karena takut api membesar dan membahayakan kios sekitar, saksi pun memangil rekannya," kata Fadly.

Lantaran api semakin membesar, saksi segera melapor ke Polsek Sumpiuh dan diteruskan ke UPT Damkar. Setelah menerima berita kebakaran, pihaknay menerjunkan tiga unit mobil pemadam dan dibantu satu unit mobil pemadam dari Cilacap untuk memadamkam api,

"Kami dapat mengendalikan sekitar pukul 04.00 WIB," jelasnya.

Fadly menambahkan, dugaan sementara kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Saat ditemui di lokasi kebakaran, Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyumas Andi Risdiarto mengatakan, setelah api berhasil dipadamkan Damkar Banyumas, pihaknya mengirimkan mobil tangki air untuk mendinginkan bara yang masih tersisa. Berdasarkan pendataan peristiwa tersebut meludeskan empat kios dan 5 lapak pedagang dengan kerugian ditaksir lebih dari Rp1 miliar.

"Siang ini kami bersama anggota relawan dan warga lainnya melakukan pembersihan sisa material kebakaran. Kami juga menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan logistik relawan selama penanggulangan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pasar Sumpiuh, Yudiono mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan paguyuban pedagang untuk mengantisipasi kejadian serupa. Terutama untuk menertibkan instalasi listrik yang dianggap berbahaya.

"Apalagi kondisi Pasar Sumpiuh kan masih belum selesai (proses pembangunannya). Kios yang terbakar di komplek utara pasar termasuk yang akan dibangun oleh Pemkab Banyumas. Tapi memang dananya belum ada," kata dia.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS