Home Lingkungan Antisipasi Banjir, Sampah Seberat 1 Ton Diangkut

Antisipasi Banjir, Sampah Seberat 1 Ton Diangkut

4022

Sukoharjo, Gatra.com - Curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir mengakibatkan naiknya debit air di Bendungan Sungai Pepe yang berada di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, meningkat. Debit air yang tinggi di sungai turut membawa tumpukan sampah, sehingga berpotensi menyebabkan banjir.

Kondisi ini mendorong warga sekitar dan anggota Polsek Tawangsari mengambil langkah penanganan. Yakni dengan melakukan kerja bakti pembersihan sungai tersebut, Rabu (17/11). Terlebih beberapa hari terakhir ini, muncul sejumlah video di salah satu akun media sosial (medsos) tentang adanya penumpukan sampah di bendungan tersebut.

"Sampahnya berupa ranting-ranting bambu dan sampah dari masyarakat," ujar Kapolsek Tawangsari AKP Tri Jalu Wahyudi saat dihubungi melalui WhatsApp.

Pembersihan di Bendungan Sungai Pepe ini berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Jumlahnya ada sekitar satu ton sampah berhasil diangkut.

"Sampahnya cukup banyak, hampir dua truk," ucapnya.

Bahkan saat bersih-bersih, warga menemukan dua pintu bendungan sungai yang rusak, yakni sisi Utara dan Selatan. Sehingga hanya berfungsi satu pintu saja.

"Lempengan besi nya seperti patah dan satunya rusak tidak bisa dibuka, dan kita akan koordinasi dengan pihak kecamatan," bebernya.

Kapolsek menambahkan, pembersihan ini dilakukan guna mencegah terjadinya penyumbatan saluran air. Hal ini mengingat beberapa hari terakhir intensitas hujan cukup tinggi. 

"Kita bergotong royong membersihkan saluran kali ini. Dikhawatirkan jika dibiarkan akan terus menumpuk dan menghalangi jalannya air, sehingga dapat menyebabkan air meluap," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS