Home Lingkungan L'Oréal Indonesia & Shopee Kolaborasi Pionirkan Kemasan Ramah Lingkungan

L'Oréal Indonesia & Shopee Kolaborasi Pionirkan Kemasan Ramah Lingkungan

182

Jakarta, Gatra com– L'Oréal Indonesia menjangkau dengan Shopee pionerkan kemasan pengiriman yang lebih ramah lingkungan. Program ini merupakan proyek kolaboratif untuk memberikan pengalaman belanja online lebih ramah lingkungan.

Yaitu dengan mengganti penggunaan bahan pengemasan plastik dan menggunakan kardus yang bersumber dari bahan baku yang bertanggung jawab.

“Dalam perkembangannya, E-commerce telah memegang peranan penting bagi bisnis L'Oréal, terutama brand-brand konsumen kami  E-commerce memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan secara online terlebih sejak pandemi dan kami percaya akan terus meningkat.

"Menyadari dampak yang dihasilkan bagi bumi melalui rantai bisnis, kami mengambil peran untuk membawa perubahan dalam mengajak konsumen online menjadi lebih sadar dan memulai kebiasaan konsumsi yang lebih berkelanjutan," kata General Manager Consumer Product Division, L'Oréal Indonesia, Martin Crosnier dalam konferensi pers virtualnya, Rabu (17/11).

Hal ini dimulai dengan kemasan kirim yang lebih ramah Lingkungan. "Shopee, salah satu mitra kunci L’Oréal sejak lama memfasilitasi inisiatif ini dengan ikut menyesuaikan proses di warehouse yang berbeda dari sebelumnya. Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman belanja online konsumen L’Oréal di Shopee," paparnya 

Head of Corporate Responsibility L'Oréal Indonesia, Mohamad Fikri mengatakan, melalui komitmen L'Oréal For the Future, L'Oréal mengambil langkah untuk menggerakkan Indonesia maju menjawab berbagai tantangan di dunia. "Kerjasama dengan Shopee ini tentunya menjadi manifestasi yang jelas dari semua pilar karena L'Oréal sadar tidak dapat bergerak sendiri untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak,” ujarnya.

Kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan ini meniadakan plastik sebagai pembungkus tambahan. Tiga komponen utama kemasan kirim, yakni mengganti bubble wrap menjadi flute liner yang berbahan kertas.

Serta mengganti selotip plastik menjadi selotip kertas, dan menggunakan kardus yang telah menerima sertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council), dimana asal usul bahan baku yang digunakan dalam proses produksinya dipastikan berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

Dari langkah awal ini, diestimasi L'Oréal Indonesia dapat menggantikan 48 ton plastik kemasan pengiriman menjadi kemasan kirim lebih ramah lingkungan dalam satu tahun. Kemasan kirim lebih ramah lingkungan ini telah diaplikasikan ke empat official store L'Oréal di Shopee antara lain Garnier, Garnier Men, Maybelline, dan L'Oréal Paris.

Inisiatif L'Oréal Indonesia didukung oleh Shopee, dengan menyediakan gudang mereka untuk menyediakan area pengemasan dan sumber daya manusia khusus untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan untuk para konsumen.

Head of FMCG Shopee Indonesia, Putri Lukman mengatakan, melalui komitmen ini, Shopee ingin menjalankan langkah awal dalam membantu konsumen dan pengguna untuk membuat pilihan yang ramah lingkungan dengan lebih mudah dan nyaman. "Dimulai dengan pembelian produk-produk L'Oréal di Shopee. Shopee berharap para pengguna dan pecinta produk L'Oréal akan ikut mendukung inisiatif ini," tulisnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS