Home Pendidikan Sikap Suka Tawuran, Bukan Lagi Label Bagi Pelajar Sekolah Vokasi

Sikap Suka Tawuran, Bukan Lagi Label Bagi Pelajar Sekolah Vokasi

106

Jakarta, Gatra.com - Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, menyebut bahwa pendidikan vokasi perlu terus menebalkan diri pada penguatan mentalitas para pelajarnya. Hal ini diperlukan, agar para pelajar vokasi menjadi sosok yang teguh dalam menerima kritik.

Hal ini dimaksudkan Saleh, karena mau tidak mau, pendidikan vokasi saat ini masih mendapatkan persepsi-persepsi negatif. Utamanya, persepsi yang sering diterima adalah para pelajar vokasi masih sering dilabelkan sebagai biang tawuran antar pelajar.

“Mentalitas ini perlu, agar para siswa tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana mereka bergaul, serta dipersepsikan rekan-rekan mereka dari program studi non vokasi atau oleh lingkungan sekitarnya,” tutur Saleh dalam sambutan secara daring pada Webinar bertajuk Keren Itu vokasi, Kamis (18/11).

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebut, jika pelajar vokasi menjumpai perlakuan seperti, itu maka dia akan mencoba untuk berlapang hati dan kembali mengingat pada tujuan untuk bersekolah atau berkuliah dan itu merupakan sebuah solusi jitu.

“Pahami bahwa kita berada di sana atas kehendak diri dan kebutuhan kita. Karena pada dasarnya pendidikan vokasi dengan keanekaragaman kompetensi yang ditawarkan, adalah jalan bagi kita untuk mempertajam potensi minat dan bakan yang kita miliki,” bebernya

Apalagi persepsi negatif terkait pelajar vokasi saat ini kian terkikis dengan makin kuatnya pemerintah dalam memperbaiki kualitas pendidikan vokasi. 

“Pengupayaan pendidikan vokasi terhubung dengan dunia usaha dan industri membuat vokasi kembali dilirik, sebagai pilihan utama dalam sektor pendidikan saat ini,” tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS