Home Regional Anggaran Satker Polres Kendal Tahun 2022 Naik Menjadi Rp87 Milyar

Anggaran Satker Polres Kendal Tahun 2022 Naik Menjadi Rp87 Milyar

183

Kendal, Gatra.com - Polres Kendal Polda Jawa Tengah (Jateng) mensosialisasikan alokasi anggarannya di tahun 2022 sebagai bentuk transparasi dari Polri yang presisi. 

Sosialisasi alokasi anggaran dilakukan juga sebagai bentuk komitmen bersama patuh pada ketentuan yang ada dan tanggungjawab untuk mencegah korupsi.

Anggaran yang diterima Polres Kendal ada kenaikan dari tahun sebelumnya. Anggaran 2021 sebesar Rp78.351.304.000 naik jadi Rp87.184.232.000 atau naik 11,27%. 

"Harapannya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan satuan kerja yang ada," terang Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto saat pemaparan sosialisasi alokasi anggaran Polres Kendal tahun anggaran 2022 di Pendopo Bahurekso Kendal, Kamis (18/11).

Yuniar meminta anggaran yang cukup besar ini untuk dijaga bersama-sama agar input dan output bisa terlaksana dengan baik. "Saya tegaskan anggaran yang tercantum adalah dana Satker Polres bukan anggaran Kapolres Kendal, pencairan sesuai aturan yang ada dan dipertanggungjawabkan jangan boros. Pelaksana anggaran harus tepat waktu sasaran dan mengedepankan transparansi polri sekaligus wujudkan transparansi bebas korupsi," katanya.

Ia menuturkan, Polres Kendal di tahun 2022 sudah merencanakan pengembangan pembentukan dan pembangunan polsek. Ditegaskan, rencana pengembangan yang sudah ada adalah pembentukan 3 polsek yakni Kaliwungu Selatan, Ngampel, dan Ringinarum.

Selain pembentukan 3 polsek, rencananya Polres Kendal juga akan membangun Mako Polsek Kota Kendal dan Polsek Kangkung. "Dua bangunan polsek ini kurang representatif karena banyak kerusakan dan polsek Kota Kendal yang terlalu kecil," jelasnya.

Dikatakan kapolres, tanah yang disiapkan untuk Mako Polsek Kota Kendal sudah ada dan bersertifikat, namun lokasinya yang tidak memungkinkan dan kurang bagus. 

Sedangkan usulan pembangunan 3 polsek sudah pernah dilakukan dan hanya Mako Polsek Ngampel yang siap karena tanah sudah bersertifikat.

Kalau dari anggaran yang ada memang tidak memungkinkan oleh karenanya Polres Kendal memohon bantuan Pemerintah Kabupaten Kendal, ujarnya.

Sementara itu, Kabagrenprogar Biro perencanaan umun dan anggaran Polda Jateng, AKBP Yudi Priyono mengatakan, Polda Jateng ditahun 2022 mendapatkan 2 alokasi pembangunan mako polsek. Yakni Polsek Kaliwungu Polres Kudus dan Polsek Jepon Polres Blora.

Selain itu juga pembangunan RS Bhayangkara di Surakarta, pembangunan Mapolres Sukoharjo, pembangunan rusun Kaliwungu Kudus dan hibah Pemkot Solo buat rusun Brimob Surakarta.

"Anggaran lalulintas ditambah untuk honor tilang karena tahun 2021 tidak ada tilang manual danbanyak ETLE sehingga tidak terserap," ujarnya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS