Home Teknologi KIOS e-PAK LADI Pasuruan Raih Penghargaan Top 30 Kovablik 2021

KIOS e-PAK LADI Pasuruan Raih Penghargaan Top 30 Kovablik 2021

Jakarta, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2021. Penghargaan tersebut diraih dari inovasi KIOS e-PAK LADI.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad), di Surabaya, Jatim, pada Jumat (19/11).

Atas penghargaan tersebut Gus Irsyad menyampaikan terima kasih, khususnya kepada Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan yang terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaiknya bagi masyarakat, serta semua petugas layanan adminduk di semua kecamatan, desa, dan kelurahan.

Ia berharap semoga upaya untuk melayani masyarakat ini merupakan ladang amal dan ibadah. Ia juga mengharapkan layanan, inovasi, dan ide untuk melayani masyarakat terus dikembangkan.

Gus Irsyad menjelaskan, KIOS e-PAK LADI merupakan singkatan dari pelayanan kependudukan langsung jadi secara elektronik. Inovasi ini sudah diimplementasikan mulai awal Juni 2020.

KIOS e-PAK LADI merupakan wujud dari upaya Pemkab Pasuruan meningkatkan pelayanan bagi warganya, khususnya mengenai administrasi kependudukan. Kios ini berada di balai desa sehingga masyarakat tidak perlu ke kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) jika mau mengurus berbagai hal mengenai kependudukan.

Adapun pengurusan dokumen yang dapat dilayani di KIOS e-PAK LADI balai desa atau kelurahan, yakni KTP, akte kelahiran dan kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), dan berbagai layanan kependudukan lainnya.

Irsyad mengungkapkan, selama setahun penerapan KIOS e-PAK LADI, telah membantu masyarakat yang mau mengurus administasi kependudukan. Masyarakat cukup datang ke kantor atau balai desa dan kelurahan untuk mengurus administrasi kependudukan.

Menurutnya, sampai saat ini sudah terdapat 223 di balai desa atau kelurahan. Pada tahun 2022 mendatang, seluruh desa dan kelurahan di Pasuruan ditargetkan memiliki KIOS e-PAK LADI.

1036