Home Pendidikan Ikut Majukan Pendidikan Vokasi, Industri Akan Diberi Apresiasi

Ikut Majukan Pendidikan Vokasi, Industri Akan Diberi Apresiasi

Jakarta, Gatra.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, memastikan bahwa pihaknya akan memberi penghargaan terhadap pihak dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang telah menjalin kemitraan dengan pendidikan vokasi. 

Wikan menyebut, penghargaan yang dimaksud akan diberikan dalam kegiatan DUDI Award 2021, sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan vokasi di Tanah Air. 

"Idenya karena dengan kemitraan yang selama ini sudah terjalin antara industri dengan satuan pendidikan vokasi, kami ingin memberikan apresiasi yang formal dan masif untuk industri yang sudah link and match dengan satuan pendidikan vokasi," kata Wikan dalam Webinar bertajuk Peran Strategis Industri Dalam Pembangunan SDM Vokasi, Selasa (23/11). 

Selain itu, Wikan optimis dengan diberikannya sebuah apresiasi, hal ini yang nantinya akan menstimulus baik dunia usaha dan dunia industri untuk menenangkan kembali skema link and match yang sifatnya tidak hanya menguntungkan pihak pendidikan vokasi, tetapi justru juga memberikan keuntungan bagi industri. 

"Apresiasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kemitraan dan menjaga keberlanjutan kontribusi DUDI kepada pendidikan vokasi yang sudah terjalin," tegasnya

"Hal ini juga akan jadi momentum untuk saling menyadari antara vokasi dengan DUDI bahwa jika sinergi keduanya berjalan, maka akan timbul proses bisnis yang saling menguntungkan," imbuhnya. 

Sementara itu, ditambahkan, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Saryadi, melalui pemberian penghargaan, fungsi Kementerian sebagai jembatan kemitraan yang saling menguntungkan antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI juga bisa berjalan dengan baik. 

"Oleh karena itu, kami juga harap kedepan makin timbul kolaborasi antara DUDI dengan satuan pendidikan vokasi sehingga tujuan penduduk Indonesia yang memiliki yang produktivitas dan daya saing tinggi bisa terwujud, pungkasnya