Home Pendidikan Terpentok Kebijakan PPKM Level 3, PTM Full di Wonogiri Gagal

Terpentok Kebijakan PPKM Level 3, PTM Full di Wonogiri Gagal

1315

Wonogiri, Gatra.com - Pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh di Kabupaten Wonogiri gagal digelar pada Senin (22/11) lalu. Hal ini lantaran terpentok kebijakan pemerintah pusat terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga pada akhir tahun ini. 

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, dengan adanya kebijakan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri melakukan penyesuaian dengan belum menggelar PTM secara penuh. Meski PTM secara penuh tersebut sudah direncanakan sebelum pemerintah pusat mengambil kebijakan menjelang Natal dan tahun baru (Nataru). 

"Kita akan cermati dulu kaidah teknis yang diterbitkan kementerian terkait," kata Bupati Wonogiri yang akrab disapa Jekek tersebut, Rabu (24/11).

Menurut Jekek, kebijakan di tengah pandemi sangat dinamis. Maka kebijakan yang diambil akan disesuaikan dengan kondisi PPKM di Wonogiri nantinya.

"Kalau rencana tetap ada, tapi akan kita sesuaikan dengan status dari PPKM kita," ujar pria yang juga disapa Jekek itu. 

Jekek mengaku, substansi dari PTM 100 persen itu adalah untuk memperbaiki kualitas pendidikan untuk peserta didik. Sebab ia tidak bisa memungkiri bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak bisa maksimal diserap oleh siswa.

Kendati demikian, Jekek memastikan pengambilan kebijakan di daerah akan tetap disesuaikan hierarkinya dengan Provinsi maupun pusat.

"Tujuannya untuk melakukan perbaikan dan standardisasi terhadap pendidikan dari dampak PJJ itu. Usulan kami tentu didasari kondisi riil wilayah kami, seperti penyelenggaraan yang sudah berjalan dengan evaluasi yang kami lakukan. Syarat tersebut akan kami selesaikan untuk dijadikan dasar mengambil kebijakan," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS