Home BUMN Semen Gresik Borong Penghargaan Inovasi, Sabet 2 Platinum dan 6 Gold di TKMPN 2021

Semen Gresik Borong Penghargaan Inovasi, Sabet 2 Platinum dan 6 Gold di TKMPN 2021

Rembang, Gatra.com – PT Semen Gresik (PTSG) bersama delapan tim inovator terbaiknya, menorehkan prestasi cemerlang dengan meraih berbagai penghargaan yaitu dua Platinum dan enam Gold dalam ajang kompetisi inovasi Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXV yang digelar secara virtual, 15-18 November 2021 lalu.

Plt Kepala Unit Sistem Manajemen PTSG Taufik Susanto menyampaikan, karya inovasi tersebut telah memberikan penciptaan nilai (value creation) yang luar biasa . Dikatakannya, analisis direct benefit dari karya inovasi peraih Platinum, nilai yang dihasilkan untuk perusahaan mencapai lebih dari Rp1,87 miliar.

‘’Kami mengucapkan rasa syukur dan apresiasi atas prestasi luar biasa yang dicapai tim inovator Semen Gresik di konvensi nasional TKMPN. Prestasi ini menyamai prestasi di ajang serupa tahun 2020 lalu yaitu dua Platinum dan enam Gold,’’ kata Taufik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/11).

Dalam TKMPN yang diikuti ratusan perusahaan dari berbagai bidang industri itu, dua Platinum disabet QCC Sumber Angin 4.0 dan QCC Kurama II, sedangkan enam Gold, masing-masing diborong oleh QCP Jangan Disenggol, QIC Afirmasi, QCI Banyu Umup, QCU Miningrat, QIC Interlock Brick, dan QCI Smart.

Menurut dia, keikutsertaan PTSG pada ajang TKMPN tersebut sebagai bentuk komitmen dan dukungan penuh korporasi terhadap inovasi dan continuous improvement di lingkungan kerja. Dia berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi semua karyawan Semen Gresik untuk terus melakukan inovasi.

Direktur Utama PTSG, Subhan, memberikan sambutan dan penguatan kepada peserta yang berlaga di TKMPN 2021. (Dok. PT Semen Gresik)

Ajang TKMPN , lanjut Taufik, merupakan wadah strategis untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman guna meningkatkan mutu produktivitas perusahaan. Pihaknya akan terus memacu budaya inovasi agar mendorong efektivitas proses, efisiensi biaya, dan kinerja unggul yang berujung pada peningkatan daya saing.

‘’Semangat untuk melakukan improvement pun tak pernah padam di lingkungan kami. Budaya inovasi terus kami terapkan sebagai model kerja. Salah satu upayanya yaitu rutinitas menggelar Semen Gresik Innovation Convention guna mencetak inovator andal,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua QCC Sumber Angin 4.0 Reza Arif Syaifullah yang meraih penghargaan Platinum mengaku tertantang untuk terus menciptakan ide-ide brilian. Di TKMPN 2021, Sumber Angin mengusung ide inovasi dengan fokus pada menurunkan durasi downtime akibat kerusakan kabel medium voltage pada Area Crusher PT Semen Gresik Pabrik Rembang, dengan tegangan dan durasi yang menghasilkan benefit yang signifikan.

Sedangkan pentolan QCC Kurama II, Aditya Ristyantono mengaku bersyukur inovasinya berjudul ‘’Meningkatkan Performa Gas Analyzer dalam Kiln Inlet - 441AN01,’’ diganjar Platinum di TKMPN 2021. Dikatakannya, penghargaan ini membanggakan, karena pada tahun lalu inovasi Kurama mendapatkan predikat Gold.

399