Home Hukum Pengurus DPC Peradi Jakbar Dukung Wujudkan Wadah Tunggal Advokat

Pengurus DPC Peradi Jakbar Dukung Wujudkan Wadah Tunggal Advokat

Jakarta, Gatra.com – Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia Jakarta Barat (Peradi Jakbar), Suhendra Asido Hutabarat, meminta jajarannya untuk menjaga dan menguatkan soliditas, akuntabilitas, dan harmonisasi pengurus untuk mewujudkan peran organisasi advokat.

Asido menyampaikan ajakan tersebut usai dilantik sebagai ketua DPC Peradi Jakbar masa bakti 2021-2026 beserta jajaran oleh Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan di Jakarta pada akhir pekan ini.

Asido mengungkapkan, sengaja menjadikan “Menguatkan Soliditas, Akuntabilitas, dan Harmonisasi Pengurus” sebagai tema pelantikan jajaran DPC Peradi Jakbar karena jika bisa mewujudkannya maka dapat memajukan dan memberikan manfaat kepada anggotanya.

“Bahwa apabila terjadi penguatan dalam kepengurusan DPC Peradi Jakbar maka amanah yang dipercayakan kepada saya dan visi-misi yang telah disampaikan akan dapat menjadi kenyataan,” ujarnya.

Jika itu terwujud, kata Asido, maka dapat mendukung misi dari Peradi 2020-2025 yang telah dicanangkan DPN Peradi, yaitu meningkatkan kualitas advokat Indonesia, melakukan penguatan organisasi profesi, meningkatkan marwah advokat, dan mewujudkan single bar.

Ketum Peradi Otto Hasibuan melantik jajaran pengurus DPC Peradi Jakbar. (GATRA/Iwan Sutiawan)

Ia mengungkapkan, meskipun pengurus DPC Peradi Jakbar belum dilantik karena terkendala pandemi Covid-19, namun pihaknya telah melakukan puluhan kegiatan, di antaranya webinar nasional hingga internasional untuk meningkatkan kualitas advokat, menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), hingga kegiatan sosial dan olahraga.

“DPC Peradi Jakarta Barat mendukung misi Peradi sebagai organisasi advokat yang lahir dari Undang-Undang Advokat agar terwujud profesi advokat yang berkualitas, mulia, dan terhormat (officium nobile) dalam wadah tunggal atau single bar,” katanya.

Pada sambutannya, Asido yang juga Ketua PBH PERADI Pusat, menyampaikan agar Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Jakbar masa jabatan 2021 - 2024 yang juga turut dilantik, agar kian gencar memberikan bantuan hukum gratis (Pro bono) dan meningkatkan pelayanan acces to justice bagi masyarakat tidak mampu.

“Semangatkan dan gelorakan pemberian bantuan hukum cuma-cuma. Ini yang saya harapkan dari teman-teman. Semangat pro bono!” pekik Asido.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPC Peradi Jakbar, Agus Susanto, mengatakan, soliditas dalam kepengurusan DPC Peradi Jakbar sangat dibutuhkan untuk menjalankan roda organisasi.

Pengurus DPC Peradi Jakbar yang baru dilantik. (GATRA/Iwan Sutiawan)

“Dengan tema di atas, panitia berharap agar pengurus DPC Peradi Jakarta Barat bersama-sama mewujudkan peran organisasi advokat. Selamat kepada ketua dan jajaran DPC Peradi Jakarta Barat masa jabatan 2021-2026 dan Pengurus PBH Peradi Jakarta Barat masa jabatan 2021-2024,” katanya.

Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan, menyampaikan, DPC Peradi Jakbar sangat luar biasa. Di antaranya sudah melakukan berbagai gebrakan meskipun belum dilantik karena terkendala pandemi Covid-19.

"Saya berharap mereka menjunjung sportivitas dan juga independensi organisasi advokat itu sendiri,” katanya.

Otto juga menyampaikan soal kondisi terkini setelah Mahkamah Agung (MA) menyatakan Peradi pihaknya yang sah. Pihaknya masih membahas nasib para advokat di luar Peradi.

“Kita berharap dengan adanya putusan MA ini pengurus dapat lebih percaya diri untuk melaksanakan tugas-tugas profesi dengan baik, dan organisasi advokat kembali menuju single bar tentunya sudah ada jalan,” katanya.

557