Home Sumbagsel Sumsel Ditarget Masuk Sepuluh Besar PON 2024

Sumsel Ditarget Masuk Sepuluh Besar PON 2024

1114

Palembang, Gatra.com - Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Mawardi Yahya menargetkan wilayahnya bisa masuk sepuluh besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang. Ini menyusul usai ditutupnya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIII OKU Raya 2021 yang menghasilkan bibit atlet-atlet berprestasi.

Menurutnya, pelaksanaan Porprov memicu muncul bibit yang bisa meraih medali di PON mendatang. “Kita menargetkan masuk 10 besar. PON sebelumnya (tahun 2021) kita mendapatkan peringkat 16. Kita optimis PON 2024 bisa masuk 10 besar,” ujarnya dalam keterangan rilis yang diterima Gatra.com, Senin (29/11).

Selain itu, pemerintah provinsi setempat mengucapkan selamat bagi kabupaten dan kota peraih medali tiga besar pada event Porprov tahun ini. Dimana posisi pertama diduduki Kota Palembang, lalu posisi kedua diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupten OKU Selatan menduduki posisi ketiga.

Terlebih, sambungnya, event olahraga seperti Porprov ini sudah sangat dirindukan masyarakat Sumsel setelah sempat dua tahun vakum karena pandemi Covid-19. “Kita harap masyarakat bisa terus taat menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Untuk diketahui, penutupan Porprov ke XIII OKU Raya 2021 berlangsung di Plaza Danau Ranau, Minggu (28/11) malam. Penutupan event ini pun dimeriahkan dengan penampilan artis ibu kota serta pesta kembang api yang berhasil menyedot perhatian ribuan penonton.

Dalam prosesi penutupan Porprov di OKU Raya tersebut, Wagub Sumsel berkesempatan menyerahkan tropi bagi juara umum. Penyerahan petaka kepada tuan rumah Porprov ke XIV tahun 2024 kepada Sekda Kabupaten Lahat. Kemudian juga dilakukan pemadaman obor api Porprov oleh wagub bersama bupati dan wabub se-OKU Raya.

Selanjutnya, Kota Palembang menorehkan prestasi sebagai juara umum dengan perolehan 341 medali dengan rincian 120 medali emas, 98 perak dan 123 perunggu.

Kemudian, pada oosisi kedua diraih oleh Kabupaten Musi Banyuasin dengan perolehan 266 medali. Dengan rincian, 114 medali emas, 84 perak dan 68 perunggu.

Dan untuk posisi ketiga diraih oleh Kabupaten OKU Selatan dengan perolehan 155 medali. Dengan rincian, 60 medali emas, 46 perak dan 49 perunggu.


 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS