Home Nasional Tingkatkan Daya Saing, Perlu Perbaikan Layanan Publik

Tingkatkan Daya Saing, Perlu Perbaikan Layanan Publik

51
Jakarta, Gatra.com - Guru Besar Universitas Brawijaya, Candra Fajri Ananda mengatakan, untuk meningkatkan daya saing, perbaikan layanan publik di Indonesia perlu dilakukan. Terutama dalam dua layanan publik paling mendasar yaitu di pendidikan dan kesehatan.
 
Menurutnya, untuk bisa mengikuti tren global, layanan publik saat ini harus dilakukan secara cepat. Selain memberikan pelayanan, birokrasi juga harus bisa mengedukasi masyarakat.
 
"Negara yang sudah unggul di dalam public service index, biasanya negara itu memiliki daya saing yang juga cukup bagus," katanya dalam webinar Gatra Bicara pada Senin (29/11). 
 
Candra juga menyebut, hubungan antara pemerintah dengan masyarakat harus bersifat saling memberdayakan. Sehingga, di dalam target-target layanannya, pemerintah juga bisa mendorong pemberdayaan masyarakat.
 
Pemerintah juga dituntut menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi publik. Sehingga, bisa mendorong kualitas layanan publik yang berdampak pada income perkapita.
 
"Ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa Pemda dengan inovasi sendiri, dan saya pikir yang sudah berhasil itu hasilnya juga bagus. Mungkin kalau di Jawa Timur, Kabupaten Banyuwangi menerapkan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan pelibatan masyarakat yang cukup bagus di dalam membangun sektor-sektor tertentu," jelasnya.

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS