Home Gaya Hidup Sutradara Edwin Raih Penghargaan Gatra Awards 2021

Sutradara Edwin Raih Penghargaan Gatra Awards 2021

Jakarta, Gatra.com - Sutradara Edwin menerima penghargaan "Ikon Prestasi Anak Negeri di Masa Pandemi" yang digelar Gatra Media Group pada Rabu, 1 Desember 2021. Edwin menerima penghargaan di kategori Seni dan Budaya sebagai sosok sutradara inspiratif berprestasi internasional. 

Penghargaan diberikan atas prestasi Edwin di kancah internasional. Film teranyarnya, "Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas", sukses mencetak sejarah dengan memenangkan Festival Film Internasional Locarno 2021. 

Edwin berhasil meraih Golden Leopard yang merupakan hadiah utama. Sutradara asal Surabaya ini lebih sering membuat film pendek dan membawanya ke berbagai festival film di luar negeri.

Film perdananya, "A Very Slow Breakfast" (2002), sebuah film pendek yang ia kerjakan saat masih menjadi mahawasiswa, diputar di Toronto Reel Asian Film Festival, sebuah festival film yang digelar di Toronto, Kanada, yang berfokus pada film-film Asia. 

Film keduanya, "Dajang Soembi, Perempoean Jang Dikawini Andjing" (2004), tayang di empat festival internasional berbeda di sepanjang tahun yang sama: Singapura, Jerman, Kanada, dan Taiwan. Sementara film "Kara, Anak Sebatang Pohon" (2005), sebuah film pendek berdurasi sembilan menit, tayang di festival prestisius lainnya: Festival Film Cannes, Prancis.  

Bagi Edwin, festival film memiliki peran sentral agar sebuah karya sinema bisa didistribusikan ke berbagai tempat, tidak saja ke luar kota, tetapi juga ke seluruh dunia. Sebelum ada berbagai platform digital seperti sekarang, festival merupakan satu-satunya platform yang mampu menjangkau spektrum pemirsa yang lebih luas. 

"Festival juga memberikan ruang bagi saya untuk tumbuh," tutur Edwin kepada GATRA, Minggu lalu. Dengan begitu, seorang sineas bisa menerima respons yang beragam, sebab filmnya ditonton, didiskusikan, dan direspons oleh penonton maupun sesama pembuat film.  

Direktur Utama Gatra Media Group, Hendri Firzani, pada kata sambutannya, mengatakan, dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, maka dalam rangka ulang tahun yang ke-27 tahun, Gatra Media Group telah memilih kementerian-lembaga korporasi dan individu yang telah berjasa besar selama masa pandemi.

"Di tengah kondisi pandemi yang hampir membatasi semua aktivitas, banyak inspirasi, terobosan, dan tindakan nyata yang membuat Indonesia menjadi lebih baik, optimis, dan tangguh dalam solidaritas," ujar Hendri.
 

352