Home Lingkungan Kapan Puncak Musim Penghujan? Ini Prediksi BMKG

Kapan Puncak Musim Penghujan? Ini Prediksi BMKG

9182

Jakarta, Gatra.com - Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab mengatakan bahwa secara umum puncak musim hujan di Indonesia itu antara bulan Januari hingga Februari.

Hal ini diungkapkannya via Zoom dalam konferensi pers bertajuk "Kebencanaan November dan Kesiapsiaagaan di Akhir Tahun 2021", yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube BNPB Indonesia pada Jumat, (3/12)

Sebelumnya, Fachri mengatakan memang saat ini sebagian besar wilayah Tanah Air sudah memasuki musim hujan. Hanya sedikit saja yang belum masuk musim tersebut, seperti Sulawesi Selatan (Sulsel) bagian timur, Maluku, di mana itu nanti pada bulan Februari-Maret baru akan memasuki musim hujan. "Tapi secara umum, sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan," ucapnya.

Fachri juga mengatakan bahwasanya puncak musim hujan sendiri itu cukup beragam. Misalnya di sebagian besar Sumatra terutama Aceh, Sumatra Utara (Sumut), serta Sumatra Barat (Sumbar).

Lanjutnya, di Riau dan Jambi itu antara bulan Desember puncak musim hujannya. Kemudian Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, dan sebagian besar Jawa itu prakiraan puncak musim hujannya antara Januari hingga Februari 2022 mendatang.

Adapun kata Fachri, Kalimantan pada umumnya juga prakiraan puncak musim hujannya antara Januari-Februari. Bahkan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Nusa Tenggara Timur (NTT) puncak musim hujannya akan terjadi pada Januari-Februari. 

"Jadi secara umum, dapat kita sampaikan bahwa puncak musim hujan di Indonesia itu antara Januari hingga Februari," terangnya.


 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS