Home Sumbagsel Ratusan ASN Muba Bersumpah dan Diberi Tanda Kehormatan

Ratusan ASN Muba Bersumpah dan Diberi Tanda Kehormatan

1101

Sekayu, Gatra.com - Sebanyak 226 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), diambil sumpah dan janjinya yang dipimpin langsung Plt Bupati Muba, Beni Hernedi di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (6/12).

Menurut Beni, sumpah jabatan yang diikrarkan oleh para abdi negara tersebut bukan hanya berjanji kepada masyarakat di Bumi Serasan Sekate (Muba), melainkan langsung kepada Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT). Karenanya, mereka imbau benar-benar menghayati isi sumpah/janji itu dalam setiap tugas saudara sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

"Kami semua yang hadir menjadi saksi atas sumpah saudara. Sumpah atau janji yang telah saudara ucapkan pada hakekatnya merupakan kesanggupan saudara terhadap negara dan juga kesanggupan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara," ujarnya.

Ia juga mengatakan, agar profesi sebagai ASN ini disyukuri dengan cara bekerja keras, cerdas dan ikhlas sesuai dengan bidang tugas masing-masing. PNS harus mampu menunjukkan komitmen dan tanggung jawab moral atas pengangkatan saudara menjadi PNS di Pemkab Muba. Dan dari bentuk komitmen dan kerjakeras tersebut sambung Beni, pemerintah menganugerahi para ASN Satyalancana Karya Satya PNS sebanyak 341 orang.

"Tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya merupakan wujud penghargaan dari Presiden RI bagi PNS yang dalam melaksanakan tugasnya menunjukkan loyalitas, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan, serta telah bekerja tanpa cacat-cela sebagai seorang pamong praja," jelasnya.

Dirinya juga menyebutkan, penghargaan Satyalancana Karya Satya ini bisa dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan untuk memupuk kedisiplinan, kesadaran, serta tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam kehidupan sosial.

"Pesan saya baik yang baru maupun penerima tanda kehormatan, tetap semangat, walaupun pandemi semua harus tetap produktif, karena saat ini yang sangat diperlukan adalah ASN yang memiliki integritas tinggi, berkompeten, profesional, inovativ dan kompetitif, memiliki nilai dasar dan etika profesi. Guna mencapai kemajuan di Kabupaten Muba," katanya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Muba, Endang Dwi Astuti SE MSi melaporkan bahwa jumlah PNS formasi tahun 2019 yang diambil sumpah/janji berjumlah 226 orang, dengan rincian, tenaga guru 85 orang, tenaga kesehatan 65 orang dan tenaga teknis 76 orang. Sedangkan jumlah PNS yang diserahkan Satyalancana Karya Satya sebanyak 341 orang, dengan rincian masa pengabdian yakni, 30 tahun 39 orang, 20 tahun 70 orang dan 10 tahun 232 orang.

"Kita berharap, para PNS yang baru saja diangkat tersebut, dapat bersatu padu, bersih, jujur, berdaya guna dan bertanggung jawab di masing-masing dinas instansi tempat mereka mengabdi," ucapnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS