Home Sumbagsel Kawasan Food Estate 34.500 Hektare Target Banyuasin Tahun 2022

Kawasan Food Estate 34.500 Hektare Target Banyuasin Tahun 2022

453

Banyuasin, Gatra.com- Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika S.I.P., M.Si M.Tr (Han), mendampingi Pangdam ll/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi dalam melakukan peninjauan lapangan kegiatan pengembangan kawasan Food Estate tahun 2021, di Desa Sejagung, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, Senin (6/12).

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan, alokasi kegiatan optimalisasi lahan rawa seluas 34.500 hektar ini sudah dilakukan Survei, Investigasi dan Desain (SID) oleh konsultan perencanaan. Dalam hal ini sebagai Instansi Pemerintah Lainnya (IPL) adalah Universitas Sriwijaya (Unsri) yang telah ditunjuk Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel.

Askolani menjelaskan bahwa hasil dari Survei, ternyata baru 5000 hektare yang dilakukan kegiatan pembangunan konstruksinya. Dan ini dikarenakan adanya refocusing anggaran di pusat.

Namun, ini merupakan awal dari pekerjaan optimasi lahan di Kabupaten Banyuasin.

"Tahun depan Insya Allah akan dilaksanakan selebihnya dari 5000 hektar menjadi 34.500 hektar dan kami berharap, agar dapat terlaksana di tahun Anggaran 2022 nanti," ujar Bupati dalam kegiatan kunjungan Pangdam II/Swj.

Sementara itu, Pangdam ll/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi mengatakan, produktivitas dan produksi gabah di Kabupaten Banyuasin akan semakin meningkat di masa-masa yang akan datang.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan optimasi lahan rawa ini, akan mempercepat terjadinya peningkatan pendapatan masyarakat, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dan angka kemiskinan menurun.

"Juga kami harapkan, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan TNI dalam hal ini, Kodam ll/Swj sebagai pelaksana konstruksi. Kemudian, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin sebagai PPK dan penanggung jawab kegiatan tingkat kabupaten," tutupnya

Kegiatan peninjauan itu juga turut dihadiri Aster Kasdam II/Swj Kolonel Arh Fithrizal Setiawan, Kabekang dam II/Swj Kolonel Cba Roni K, Dandim Banyuasin 0430 Letkol Arm Farid Hidayat, Kapendam II/Swj di wakili oleh Kalaknis pendam II/Swj Myr Cba Made Sandi, Wakil ketua DPRD Banyu Asin Noor ishmatuddin, Kepala Dinas Pertanian Banyuasin Zainudin, Kadis Pertanian dan Holtikultura Provinsi Sumsel Dr Ir Bambang Pramono, anggota DPRD Banyuasin Suis Tiqlal Efendi, Anggota DPRD Banyuasin Endang Sari dan Camat Rantau Saiful Azwar.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS