Home Pendidikan Bupati Cilacap Ajak Perusahaan Biayai Pelajar Berprestasi

Bupati Cilacap Ajak Perusahaan Biayai Pelajar Berprestasi

1245

Cilacap, Gatra.com – Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengajak pejabat dan perusahaan di Cilacap membuat semacam program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membiayai pendidikan para pelajar berprestasi. Dengan begitu, tiap anak bisa memperoleh kesempatan pendidikan yang sama.

Tatto menjelaskan, Leader Class yaitu program yang digagaskan Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk mewadahi para pelajar berprestasi, dari berbagai kecamatan yang memiliki kecerdasan, kejujuran, dan kesetiaan dalam satu tempat.

“Saya ingin semua anak di Cilacap sekolah, mendapatkan pendidikan yang sama. Semua anak berhak sekolah tinggi, termasuk mereka yang kurang mampu,” ungkap Tatto, dalam Indonesia Millenial Teacher Festival (IMTF) Kabupaten Cilacap yang digelar oleh Dinas P dan K, di Gedung Patra Graha, Selasa (7/12).

Tatto juga ingin anak-anak di Cilacap bisa menjadi lulusan yang mandiri dan terbiasa untuk tidak bergantung dengan orang lain. Butuh perubahan paradigma agar pelajar tidak hanya disiapkan sebagai pekerja, melainkan pengusaha.

“Banyak lulusan sarjana yang menganggur, karena masih banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi karyawan atau pegawai. Tapi jarang sekali orang tua yang ingin anaknya menjadi pengusaha. Padahal dengan menjadi pengusaha, kita akan memiliki mental yang mandiri untuk terbiasa tidak menggantungkan diri kita pada orang lain,” jelasnya.

Tatto mengemukakan, mempersiapkan generasi milenial yang mandiri ini adalah salah satu cara untuk membangun generasi masa depan yang mampu untuk menjadi pemimpin, sukses dan cerdas.

“Untuk mencapai ini, peran pelayan masyarakat dan orang tua dalam dunia Pendidikan juga sangat penting, apalagi dalam situasi seperti ini. Situasi dimana anak-anak lebih banyak di rumah. Orang tua juga harus bisa menjadi pendidik dan tidak melulu mengandalkan guru,” ucapnya.

Dalam sesi talkshow ‘Satu Jam Lebih Dekat dengan Tatto’, bupati juga mengungkapkan keinginannya membangun pendidikan bagi anak-anak di Kabupaten Cilacap. Baginya, Pendidikan adalah salah satu pilar terpenting dalam slogan pemerintahannya, ‘Bangga Mbangun Desa’ yang menjadi kunci kesuksesan masa depan generasi muda.

Tatto mengucapkan terimakasih kepada guru-guru di Kabupaten Cilacap, khususnya pada guru honorer yang terus mendedikasikan dirinya untuk mendidik anak-anak menjadi pribadi yang cerdas dan berkepribadian.

Tatto juga mendapatkan penghargaan sebagai tokoh sahabat guru oleh Dr. Seto Mulyadi. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Bupati Tatto atas prestasi dan keberhasilannya membangun pendidikan.

Sementara, dalam acara IMTF Kabupaten Cilacap ini pula, guru-guru dari semua jenjang pendidikan di Kabupaten Cilacap mendapatkan pelatihan daring guru millenial dari para tokoh yang berpengaruh dalam pendidikan Indonesia, seperti Kak Seto selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Penulis Djarot Wijanarko serta Munif Chatib hingga 9 Desember 2021.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS