Home Sumbagsel Gubernur Sumsel Kian Pede Herd Immunity Tercapai Awal 2022

Gubernur Sumsel Kian Pede Herd Immunity Tercapai Awal 2022

1077

Palembang, Gatra.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, kini semakin optimistis wilayahnya segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok pada awal tahun 2022 mendatang.

Menurutnya, kenapa makin optimisme target tersebut segera tercapai itu lantaran baru-baru ini dirinya melihat capaian vaksinasi di beberapa kabupaten. Salah satunya ialah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang telah mencapai 61 persen pada awal Desember 2021.

“Kalau ini terus didorong semua stakeholder terkait, saya makin yakin target herd immunity di Sumsel tahun 2022 segera tercapai. Untuk mencapai itu, tentunya pemerintah tidak bekerja sendiri,” ujarnya, Selasa (7/12).

Dikatakannya, komunitas mahasiswa dan organisasi, anggota dewan hingga para ibu-ibu pun dapat melakukan gerakan vaksinasi Covid-19. Dalam hal itu, pemerintah provinsi melalui dinas kesehatan provinsi setempat siap memberikan dukungan.

“Itu kita lakukan bukan lain untuk mendukung pemerataan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumsel,” katanya.

Kini, lanjutnya, perkembangan kasus Covid-19 di wilayahnya juga terus melandai dan mulai banyak pelonggaran yang dirasakan masyarakat. Kendati begitu, itu jangan sampai membuat masyarakat Sumsel lalai dan mengabaikan protokol kesehatan (prokes). “Kalau ini dilanggar maka kita sendiri yang akan terkendala, sulit beraktivitas dan sulit jualan. Bankah, tidak bisa belajar tatap muka,” ujarnya.

Selain bekerjasama antar semua stakeholder, sambungnya, herd immunuity juga dapat dicapai dengan masif melakukan vaksinasi. Caranya itu dengan melakukan jemput bola ke target sasaran yang akan divaksinasi. “Jadi, vaksinator yang mendatangi ke target sasaran. Kita tidak boleh pasif,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS