Home Pendidikan Produktivitas Publikasi Jurnal Meningkat Enam Kali Lipat

Produktivitas Publikasi Jurnal Meningkat Enam Kali Lipat

113
Jakarta, Gatra.com - Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kemendikbudristek, Nizam, menyebut bahwa terjadi peningkatan produktivitas publikasi pada jurnal internasional dalam kurun waktu 6 tahun terakhir.
 
Dari data yang diungkapkannya, Nizam mengatakan dalam medio 6 tahun terakhir, peningatan publikasi jurnal internasional terjadi hingga 6 kali lipat.
 
"Dari sekitar 8 ribu publikasi internasional pertahun, di tahun ini angkanya sudah naik hingga 50 ribu pertahun. Ini meningkat luar biasa," kata Nizam saat memberi sambutan dalam kegiatan World Class Professor (WCP) 2021 di Jakarta, Kamis (9/12).
 
Nizam mengapresiasi semangat para dosen untuk terus produktif dalam menyusun karya ilmiahnya. Hal ini juga didorong oleh kebijakan kenaikan pangkat para dosen yang juga mensyaratkan adanya indikator publikasi.
 
"Kita apresiasi, meskipun kita juga masih sering dicibir bahwa angka 50 ribu pertahun itu masih banyak yang sitasinya masih sangat rendah," bebernya.
 
Kritikan tersebut pun dimaklumi Nizam, karena menurutnya peningkatan signifikan baru terjadi di tahun ini, sehingga  sitasi pun belum banyak ditemui. 
 
"SItasi ini juga ada  penyakit kita. Bahwa mensitasi karya teman itu enggan. Makanya kita harus mulia bersinergi, berkolaborasi, antar laboratorium, institusi, fakultas, perguruan tinggi dengan lembaga riset, industri dan masyarakat," pungkasnya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS