Home Lingkungan Seekor Rusa Kebingungan Cari Jalan Pulang, Sempat Diburu

Seekor Rusa Kebingungan Cari Jalan Pulang, Sempat Diburu

484

Pekanbaru,Gatra.com - Seekor Rusa yang kebingungan mencari jalan pulang, mengagetkan warga Palas, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. 

Menurut Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Andri Hansen Siregar, pihaknya telah mengirimkan tim ke lokasi penampakan Rusa. Hanya saja, katanya, Tim BBKSDA tidak lagi mendapati hewan bertanduk itu. 

"Rusa itu ke pergi ke area hutan yang ada di pinggir Sungai Siak," terangnya, Kamis (9/12). 

Andri pun menghimbau warga setempat untuk menepikan sikap anarkis, bila hewan itu kembali masuk ke pemukiman. 

Adapun gerak-gerik hewan bertanduk tersebut tayang dalam video yang diunggah akun instagram @cintasatwariau pada Rabu (8/12). Dalam keteranganya, @cintasatwariau menyebut Rusa yang masih muda itu sempat diburu oleh sejumlah warga, namun berhasil lolos dari sergapan. 

Akun itu pun mengatakan, si rusa  sesunguhnya terjebak di areal tanah yang telah ditimbun untuk perumahan. Areal ini terlihat telah dipagar, sehingga menyulitkan hewan itu untuk keluar. 

Diketahui,sejak ditayangkan, video durasi singkat itu  telah mengundang ratusan simpati netizen. 

Akun Chalma misalnya, ia menyayangkan adanya niat warga memburu Rusa. "Serakah amat lu manusia," kicaunnya. 

Sementara itu Andri menuturkan pihaknya akan melakukan identifikasi lebih lanjut terhadap Rusa itu. Nantinya, jika  anakan rusa  kembali ke pemukiman warga, tim BBKSDA bakal menggiring hewan berkaki empat itu kembali ke habitatnya. 

Sebagai informasi, sejumlah warga yang bermukim di area pinggiran kota Pekanbaru cukup sering terlibat kontak dengan hewan liar. Selain Rusa, warga kota Bertuah juga ada yang bersua dengan tapir, gajah, bahkan beruang. 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS