Home Olahraga Piala AFF 2020: Indonesia Berhasil Tundukkan Kamboja

Piala AFF 2020: Indonesia Berhasil Tundukkan Kamboja

Singapura, Gatra.com - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 4-1 dalam laga Grup B Piala AFF 2020 yang dihelat di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (09/12) malam.

Tampil menyerang di awal laga, Indonesia mampu mencetak gol cepat pada menit ke-4 melalui tandukan Rachmat Irianto setelah memaksimalkan sepak pojok yang diambil oleh Evan Dimas.

Selepas unggul, Indonesia tetap melancarkan serangan guna menambah torehan gol. Pada menit ke-16, skuad Garuda hampir saja memperlebar keunggulan, sayangnya sepakan yang dilepaskan oleh Witan di depan gawang masih membentur pemain belakang lawan.

Satu menit berselang, gol kedua Indonesia tercipta. Diawali umpan jauh dari tengah lapangan yang dilepaskan oleh Prata Arhan, Evan Dimas berhasil memaksimalkan kesalahan antisipasi pemain belakang Kamboja. Sepakan kapten timnas itu menghujam ke arah sudut kanan gawang Kamboja. Skor berubah menjadi 2-0.

Kamboja bukan tanpa perlawanan. Sejumlah serangan turut dilancarkan oleh para anak asuh Keisuke Honda ini. Hanya saja barisan pertahanan Indonesia masih mampu mengantisipasinya.

Indonesia mampu memperlebar keunggulan pada menit ke-33. Rahmat Irianto kembali menciptakan gol dari skema sepakan pojok. Bedanya kali ini memanfaatkan umpan yang dilepaskan oleh Pratama Arhan.

Menjelang turun minum, lini belakang Indonesia tampak lengah. Kamboja mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 pada menit ke-37 melalui tandukan Yue Safy memanfaatkan umpan dari skema tendangan sudut.

Skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga wasit menipukan peluit akhir babak pertama.

Di awal babak kedua, Kamboja tampil menyerang dengan umpan-umpan pendek. Skuad besutan Keisuke Honda itu bahkan sempat mengancam gawang Indonesia. Mendapatkan umpan terobosan dari sisi kanan, Keo Sokpheng melakukan tusukan ke jantung pertahanan Indonesia dan melepaskan sepakan keras. Beruntung kiper Indonesia, Syahrul Trisna masih mampu mengantisipasinya.

Indonesia balik lancarkan serangan, Ramai Rumakiek sukses menjauhkan keunggulan Indonesia pada menit ke-54. Tendangan plessing yang dia lepaskan mengarah ke sudut gawang tanpa mampu dibendung oleh kiper lawan.

Tertinggal 1-4, Kamboja yang mengandalkan serangan balik mendapatkan tendangan bebas usai pemainnya dilanggar. Pemain Kamboja yang baru masuk, Prak Mony Udom berhasil mencetak gol pada menit ke-60. Sepakan bebasnya yang berbelok usai membentur pagar hidup timnas tak mampu digagalkan oleh Syahrul Trisna. Skor berubah menjadi 4-2.

Stamina pemain Indonesia tampak menurun di pertengahan babak kedua. Kamboja mampu mengembangkan permainan hingga mampu unggul dalam penguasaan bola.

Kamboja beberapa kali mengancam gawang Syahrul Trisna melalui skema serangan balik. Beruntung tak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia tetap tak berubah.

Hasil tersebut membawa Indonesia bertengger di posisi kedua klasmen sementara babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Adapun Kamboja harus puas menjadi juru kunci.

236