Home Apa Siapa Irsyad Yusuf Hobi Berkuda dan Off Road

Irsyad Yusuf Hobi Berkuda dan Off Road

133

Jakarta, Gatra.com – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mempunyai hobi menunggang kuda. Ia menjadikan hobinya tersebut untuk mempromosikan berbagai destinasi pariwisata yang ada di Pasuruan. Kota tertua di Jawa Timur itu memiliki destinasi lengkap, mulai gunung, daratan, hingga pantai atau laut.

Irsyad usai menerima Gatra Awards 2021 "Ikon Apresiasi Prestasi Anak Negeri di Masa Pandemi" untuk Pemkab Pasuruan di Jakarta, medio pekan kemarin, mengatakan bahwa kabupatennya mempunyai destinasi untuk berkuda.

Gus Irsyad, demikian bupati ini karib disapa, menceritakan bahwa destinasi itu merupakan bekas tambang pasir di Sumber Bumi, Coban Joyo, Kecamatan Kejayan, yang disulap menjadi gelanggang pacuan kuda tingkat nasional bernama Ki Ageng Astro Joyo.

Selain berkuda, Gus Irsyad juga memiliki hobi off road, yakni memacu kendaraan di jalan berlumpur, tanah, pasir, sungai atau bebatuan. Sama seperti berkuda, hobi tersebut juga digunakannya terkait pariwisata.

"Hobi offroad itu saya pakai untuk mengenalkan potensi wisata di Pasuruan, terutama yang mengandung adrenalin. Nah, ternyata peminatnya banyak. Salah satunya itu," ia mengungkapkan kepada Farid Nurhakim dari Gatra.

Gus Irsyad pun membuat berbagai event yang berkaitan dengan hobinya itu, sekaligus untuk mempromosikan pariwisata di daerahnya. "Potensi-potensi dan peluang itu disentuh dengan inovasi dan ide-ide," katanya. 

Salah satu gelaran yang sempat dihelat menjelang pandemi Covid-19 adalah "Pasuruan Adventure Off Road (Paod) Blusukan Alas Arjuno part II". Ajang ini untuk mempromosikan pariwisata di lereng Gunung Arjuno, salah satunya Tretes. Sebanyak 300 off roader dari berbagai daerah hingga Jakarta mengikuti 3 kelas yang dipertandingkan, yakni Extreme Off Road 4x4, Fun Road 4x4, dan Fun Off Road 4x2 (Wisata). Mereka melahap rute sepanjang puluhan kilometer di alas Gunung Arjuno.

Namun pandemi Covid-19 memaksa Gus Irsyad menghentikan sementara kegiatan berkuda dan off road-nya. Terlebih, berbagai tempat pariwisata pun terpaksa jeda pada 2019 untuk mencegah penyebaran SARS CoV-2.

Setelah kasus Covid-19 melandai, ia berharap berbagai kegiatan berkuda dan off road bisa kembali digelar. Salah satu acara yang telah direncanakan adalah gerakan menanam pohon untuk para pecinta off road. "Mudah-mudahan bisa," ucapnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS