Home Sumbagsel PHRI Diminta Genjot Promosi Wisata dan Investasi Sumsel

PHRI Diminta Genjot Promosi Wisata dan Investasi Sumsel

1216

Palembang, Gatra.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diminta untuk terus menggenjot promosi wisata dan potensi investasi yang ada di Bumi Sriwijaya. Karena itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru, meminta Kurmin Halim sebagai ketua PHRI provinsi setempat guna membuat gebrakan lebih agresif dan kreatif lagi.

“PHRI ini harus mempromosikan pariwisata dan segala jenis yang berkaitan dengan investasi agar orang banyak dan nyaman datang ke Sumsel,” ujarnya, Sabtu (11/12).

Menurutnya, saat ini PHRI juga harus aktif menciptakan kreasi baru dalam mengemas event dan melakukan promosi. Sebab, jika hanya mengandalkan keindahan alam yang ada di Sumsel hasilnya akan cenderung biasa saja.

“Kita contohkan misal kemarin kita adakan event Sriwijaya Ranau Gran Fondo peserta datang dari dalam dan luar negeri dan berhasil jadi agenda nasional karena sudah digelar tiga kali berturut-turut. Dalam waktu dekat, kita adakan lagi Sriwijaya Marathon di Pagaralam. Nah ide-ide seperti ini yang kita harapkan,” katanya.

Bukan hanya membuat objek wisata Sumsel menjadi lebih terkenal, sambungnya, kegiatan yang melibatkan ribuan massa itu juga terbukti mampu membuat geliat perekonomian daerah setempat.

“Homestay semua penuh dan kegiatan UMKM menggeliat. Jadi, dampaknya memang luar biasa makanya harus ada kreasi agar ada akselerasi ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam pengembangan hotel dan restoran, PHRI diharapkan dapat melibatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam penggunaan produk lokal. Misal, sabun dan shampo, kopi atau teh serta ikut juga mempromosikan bahan kerajinan khas 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

“Saya juga minta agar melalui program-program kerja yang telah dibuat PHRI BPD terus berperan aktif bersama pentahelix pariwisata menyukseskan program pengembangan pariwisata menuju Sumsel Maju untuk Semua,” katanya.

Sementara itu, Ketua PHRI Sumsel, Kurmin Halim, mengatakan sesuai visi misi yang dikatakannya saat Musda dirinya akan melanjutkan program pengurus sebelumnya, bahkan akan membuat terobosan dan gebrakan yang ekstrem. “Tujuannya agar gebrakan PHRI terasa untuk membangkitkan pariwisata Sumsel,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, pihaknya secepatnya akan melakukan terobosan yang bermanfaat bagi PHRI dan pemerintah daerah. “Apalagi kan dua tahun ini semua sektor sudah terdampak pandemi Covid-19,” katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS