Home Sumbagsel Tugu Caping Berdiri Menjulang, Predikat Lalan Penyanggah Pangan

Tugu Caping Berdiri Menjulang, Predikat Lalan Penyanggah Pangan

Sekayu, Gatra.com - Sebagai wilayah penyanggah pangan di Bumi Serasan Sekate, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), mendirikan Tugu Caping (tudung tani) di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan. Topi khas petani itu pun berdiri estetika di puncak tugu yang persis berdiri di sisi jalan TMMD.

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi SIP mengatakan, tugu yang diberi nama Muba Maju Berjaya tersebut, kini menjadi icon baru Kecamatan Lalan. "Semoga masyarakat Lalan, bangga dengan icon baru tugu tudung tani ini, menandai keberhasilan para petani dalam mengolah komoditas-komoditas yang ada," ujarnya usai meresmikan Tugu Caping, Rabu (15/12).

Beni berpesan kepada masyarakat yang akan mengunjungi ikon baru tersebut agar dapat sama-sama menjaganya. “Kami titip mari sama-sama menjaganya. Dengan adanya Tugu Muba Maju Berjaya ini membuat Muba, tambah maju dan berkembang seperti harapan kita bersama," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Perkim Muba, Rismawati melaporkan tugu dikerjakan dengan jangka waktu 19 Juli - 13 Desember. Namun tugu ini juga belum sepenuhnya selesai dan masih banyak yang perlu di tata ulang seperti landscape dan iluminasinya sehingga menjadian Kecamatan Lalan, melalui ciri khas yang digambarkan.

"Tahun 2023 mendatang akan kita selesaikan terkait dengan landscape dan iluminasi serta kekurangan yang lainnya. Mudah-mudahan tugu ini menjadi kebanggaan masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Lalan," jelasnya.

1123