Home BUMN Wakil Ketua Komisi VI DPR Dorong Kolaborasi BUMN dengan Pesantren dan Masjid

Wakil Ketua Komisi VI DPR Dorong Kolaborasi BUMN dengan Pesantren dan Masjid

111

Tegal, Gatra.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR Mohamad Hekal mendorong kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara dengan pesantren dan masjid. Menurutnya program pemberdayaan BUMN yang diberikan kepada masyarakat, merupakan bentuk kepedulian terhadap umat.

“Ke depan, saya mendorong agar kolaborasi antara BUMN dalam pemberdayaan umat terus dibangun dan diperkuat,” ujar Hekal dalam penjelasanya pada acara sosialisasi, Peran BUMN untuk pemberdayaan umat, di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, (16/12).

Sebagai Wakil Ketua Komisi VI yang membidangi BUMN, Hekal berkomitmen agar BUMN terus berpihak pada pemberdayaan umat. Sebagai contoh, berbagai program bantuan sarana dan beasiswa pendidikan, pelatihan usaha, serta program pemberdayaan umat dari BUMN.

Bantuan tersebut telah disalurkan ke sejumlah pesantren dan masjid di dapil Jawa Tengah IX. Meliputi Kota dan Kabupaten Tegal serta Kabupaten Brebes. “Bantuan sarana pendidikan, pelatihan usaha, hingga program pemberdayaan itu terselenggara atas sinergi dengan BUMN,” ujarnya.

Hekal juga mengatakan bahwa BUMN juga dapat melakukan pemberdayaan ekonomi umat, dengan cara memberikan pelatihan, pendampingan, inkubasi, dan dukungan teknis serta akses permodalan. Bisnis yang dijalankan oleh pesantren perlu menyesuaikan dengan potensi dan segmentasi pasar.

“Kewirausahaan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, mulai dari menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan nasional, menciptakan nilai tambah barang dan jasa, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial, serta terciptanya ekonomi umat yang kokoh,” tutur Hekal.

Beberapa perusahaan BUMN sudah bersinergi dengan berbagai lapisan di masyarakat. Salah satunya sinergi Pertashop yang dikelola Pertamina dengan ragam latar belakang masyarakat di desa dan pondok pesantren.

Ada juga BRI Link yang dikelola BRI dan Bank Syariah Indonesia yang berkomitmen memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan bagi UMKM di lingkungan pesantren. “Mulai dari agen Laku Pandai, modal kerja untuk usaha, termasuk jika ingin membuka Pertashop,” pungkasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS