Home Sumbagsel Penyiapan Lahan Tanpa Bakar, Solusi yang Ditawarkan Cegah Karhutla

Penyiapan Lahan Tanpa Bakar, Solusi yang Ditawarkan Cegah Karhutla

Sekayu, Gatra.com - Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Sumatera, bekerja sama dengan International Tropical Timber Organization (ITTO), memberikan pelatihan praktik penyiapan lahan tanpa bakar (PLTB) kepada masyarakat Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasi (Muba), Jumat (17/12).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Daops Manggala Agni Sumatera XV/Muba, Sumsel, ini langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat petani di Desa Wonorejo, Kecamatan Bayung Lencir, [lokasi demplot percontohan PLTB] beserta memberikan solusi terbaik dalam menggarap lahan tanpa membakar.

Kepala Seksi (Kasi) Kebakaran Hutan dan Lahan PPIKHL wilayah Sumatera, Didik Suprijono mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya KLHK dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla yang setiap tahunnya melanda Sumsel.

"Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan terkait solusi kebijakan larangan membakar dengan pemanfaatan limbah yang bisa juga memberikan manfaat ekonomi. Dan ini akan dijadikan salah satu alternatif solusi program KLHK untuk pencegahan Karhutla," ujarnya. Ia menambahkan, selain pelatihan masyarakat peduli api juga diberikan bantuan peralatan serta bibit cabai dan pohon-pohonan yang langsung ditanam di lokasi demplot.

Ketua Masyarakat Peduli Api Desa Wonorejo, M Zainudin mengatakan lewat pelatihan ini masyarakat mendapat ilmu bagaimana menekan ongkos pembukaan lahan lewat pemanfaatan limbah pembukaan lahan itu sendiri. "Kami bisa tahu praktik secara langsung bagaimana menggunakan limbah pembukaan lahan menjadi pupuk arang dan kompos," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan ITTO Fire Project PP-A/56-340-1, Irfan Malik menyampaikan bahwa melalui Kegiatan Kerjasama KLHK-ITTO menunjukan komitmen ITTO turut serta dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan, khususnya di daerah tropis dan Indonesia.

"Kegiatan kerjasama ITTO bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tehnik dan manajemen para pihak mulai dari masyarakat, Manggala Agni, dan instansi pemerintah dalam mendukung upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

1158