Home BUMN Semen Gresik Terima Kunjungan Jurnalis se-Jawa Timur

Semen Gresik Terima Kunjungan Jurnalis se-Jawa Timur

133

Rembang, Gatra.com – PT Semen Gresik (PTSG) menerima kunjungan jurnalis se-Jawa Timur yang dikemas dalam kegiatan plant visit pada 15-16 Desember 2021. Kunjungan awak media di perusahaan persemenan terkemuka di Tanah Air yang diprakarsai oleh SIG ini bertujuan selain menguatkan hubungan baik dengan jurnalis, juga menyaksikan dari dekat operasional unggul dan ramah lingkungan, serta mendalami seluk beluk program pemberdayaan masyarakat.

Kehadiran puluhan jurnalis Jawa Timur ini didampingi External Communicaton Officer SIG Ahmad Parno Saverillah. Sedangkan peserta yang berpartisipasi meliputi 60 jurnalis media cetak dan online, terdiri atas 30 orang dari Surabaya dan 30 dari Gresik.

Dalam aktivitas dua hari itu, jurnalis mengikuti empat agenda yaitu sharing session bersama manajemen PTSG, plant visit, kunjungan ke UMKM binaan Semen Gresik dan singgah ke Rumah BUMN Rembang.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata menandaskan, selama ini pihaknya berkomitmen memperkuat media relations, karena media memiliki peran dan posisi stategis sebagai penyampai informasi yang dapat mempengaruhi reputasi perusahaan di mata stakeholder.

Karenanya, lanjut Dharma, pihaknya mengaku mendapatkan kehormatan PTSG menjadi lokasi kunjungan oleh jurnalis untuk melakukan sharing dan publikasi terkait operasional bisnis, termasuk kiprah perusahaan dalam pogram pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar area pabrik.

''Kami berterima kasih atas segala atensi dan partisipasi selama visitasi. Harapannya, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi perusahaan dan rekan-rekan jurnalis di Jawa Timur,'' kata Dharma dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/12).

Kepala Unit Komunikasi & CSR PTSG (kiri), Dharma Sunyata, menyerahkan cinderamata miniatur Jembatan Suramadu kepada perwakilan jurnalis Jawa Timur, Adam Chevny (tengah) yang didampingi oleh perwakilan SIG (kanan). (Dok. PTSG)

Ditambahkan Dharma, rangkaian kegiatan hari pertama yaitu menyambangi wisata edukasi Edupark yang dikelola BUMDes Mbangun Deso di Desa Kajar, selanjutnya berkunjung ke Museum Kartini, UMKM Batik Lasem Ningrat dan UMKM Kopi Cangkir. Pada hari kedua, peserta mengeksplor Rumah BUMN dan berwisata ke The Haritage Palace.

Selama di Edupark, para pekerja media menyaksikan dari dekat program CSR PTSG dalam transfer pengetahuan bagi warga desa melalui integrasi pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan untuk kemandirian pangan.

''Semen Gresik aktif dalam pelibatan masyarakat melalui Edupark ini, juga memfasilitasi pelaku UMKM melalui Rumah BUMN Rembang. Hasil survei tim independen dari UGM, program CSR kami mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat sekitar perusahaan dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 82,13 persen atau memuaskan,'' tegasnya.

External Communicaton Officer SIG Ahmad Parno menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Semen Gresik yang menerima kedatangan jurnalis Jawa Timur dalam program plant visit yang sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19. Dia berharap, wawasan para jurnalis makin bertambah setelah mengenal lebih jauh operasional pabrik Rembang, berikut kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan.

Perwakilan jurnalis, Adam Chevny mengapreasi segala aktivitas operasional Semen Gresik yang mencerminkan perusahaan unggul dan menjadi kebanggaan nasional. Dia berharap, kemajuan industri yang dialami PTSG mampu mengangkat perekonomian masyarakat, dan mendukung SIG sebagai perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS