Home Pendidikan USG Education Gelar Noble Scholar Competition 2021

USG Education Gelar Noble Scholar Competition 2021

Jakarta, Gatra com- USG Education kembali menggelar Noble Scholar Competition 2021 sebagai ajang katalisator dalam menghadirkan tiga keseimbangan terdiri dari kecerdasan (akademik), karakter dan soft skill. Kompetisi yang sudah berjalan selama enam tahun berturut–turut ini selalu diikuti para siswa SMP dan SMA di Indonesia.

Presiden Direktur PT UniSadhuGuna (USG Education), Adhirama Gumay mengaku kagum atas gagasan  dan ide yang dipresentasikan para finalis dalam ajang ini. “ Ide–ide mereka sangatlah inovatif dan peduli terhadap perkembangan serta lingkungan, Mereka juga menerapkan hal-hal yang berkelanjutan (sustainability) dalam materinya dan menjawab berbagai isu, tantangan yang ada," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/12).

Melalui kompetisi ini para siswa diajak untuk berpikir kritis dan dapat menuangkan ide, gagasan serta inovasi mereka ke hadapan para pakar industri dan akademisi. "Ini menunjukan bahwa mereka tidak hanya memiliki ide tapi juga kemauan dan kemampuan untuk memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat dan lingkungan dari sisi kreatifitas dan produktifitas,” paparnya.

Dengan mengusung tema “Thriving in the New Era with Creativepreneurship and Innovation” ajang tahun ini ini memberikan ruang terbuka bagi generasi muda untuk menjadi creativepreneur muda yang mampu berkontribusi bagi industri kreatif dan memajukan ekonomi pembangunan Bangsa.

Kompetisi tahun ini menghadirkan beberapa kategori, yaitu Kategori Speech dan Kategori Inovasi Project yang terdiri dari  Business, IT dan Engineering. Serta Kategori Inovasi Creative yang terdiri dari  Graphic Design, Fashion Design dan Music,
serta yang terbaru adalah kompetisi di bidang Aviation.

Acara Final USG Education – Noble Scholar Competition 2021 juga turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Sandiaga Salahuddin Uno. Ia berharap ajang ini dapat menghasilkan lebih banyak lagi Noble Scholars yang kreatif, inovatif, inspiratif , berdaya saing tinggi serta adaptif dengan kemajuan teknologi di era Industri 4.0.

Sandiaga menekankan kepada generasi muda untuk menerapkan 3G, yakni Gerak Cepat, Gerak Bersama, Garap Semua Potensi. Bangkit, optimis, dan nikmati new normal dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM, manfaatkan peran teknologi agar mampu memenangkan dan mempertahankan eksistensi dalam kompetisi dunia,” tambahnya.

Total Peserta yang berhasil masuk ke Babak Final terdiri atas 105 peserta. Dengan total hadiah mencapai lebih dari 600 juta rupiah yang terbagi dengan hadiah uang tunai, Beasiswa Program Internasional USG Education serta Study Voucher untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris di The British Institute.

CEO dari ViseCoach, Al-Falaq Arsendatama mengatakan, generasi muda saat ini umumnyamemiliki banyak gagasan kreatif dan inovatif. Namun problemnya banyak diantara mereka yang mengalami kesulitan merealisasikannya.

“Oleh sebab itu Noble Scholar Competition bisa menjadi katalis bagi para anak – anak dalam menyempurnakan idenya. Ajang seperti inilah yang harus selalu diikuti generasi muda agar terjadi sinergi antara academic, hard skills dan soft skills sehingga ide kreatif dapat disempurnakan untuk menuju tahapan berikutnya,” papar Al – Falaq.

Salah satu partner USG Education, Country Director Indonesia, UTS College, Mariam Kartikatresni mengatakan bahwa kita seharusnya terfokus pada kemampuan akademis saja. Sebab ketrampilan mumpuni merupakan kompetensi krusial yang dicari pasar saat ini.

"Kedepannya karena disrupsi tenaga manusia pasti terjadi dimana–mana. Disinilah pentingnya mengasah semangat entrepreneur sejak dini dan berorientasi ke masa depan,” jelas Mariam.

1051