Home Internasional Honduras Mulai Suntikkan Vaksin Dosis Ketiga ke Warga Dewasa

Honduras Mulai Suntikkan Vaksin Dosis Ketiga ke Warga Dewasa

Tegucigalpa, Gatra.com – Pemerintah Honduras mulai menawarkan dosis ketiga (booster) vaksin Covid-19 kepada semua penduduk berusia 18 tahun ke atas. Upaya ini dilakukan guna melawan potensi ancaman yang ditimbulkan virus Covid-19 varian Omicron.

Dilansir Reuters, Jumat (24/12), Menteri Kesehatan Honduras, Alba Flores, menyatakan langkah tersebut diambil untuk mencegah lonjakan kasus akibat infeksi varian Omicron. Meski, negara Amerika Tengah itu belum mendeteksi keberadaan varian Omicron.

“Hari ini, kami memberikan vaksin Pfizer kepada penduduk berusia 18 tahun ke atas yang sudah mendapatkan dosis kedua tiga bulan lalu,” kata Flores kepada wartawan, Kamis (23/12) waktu setempat.

Sebelumnya, Honduras hanya memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19 kepada tenaga kesehatan (nakes). Selain itu, juga bagi orang berusia di atas 60 tahun dan warga dengan kondisi medis yang menempatkan mereka pada risiko tinggi.

Sejauh ini, virus Covid-19 telah menginfeksi setidaknya 378.994 orang di Honduras. Sementara, jumlah pasien yang meninggal mencapai 10.429 kematian.

Kementerian Kesehatan Honduras mencatat, sebanyak 4.876.759 warga telah mendapatkan satu dosis vaksin, 3.848.658 orang sudah memperoleh dua dosis, dan 278.006 penerima dosis ketiga. Negara itu memiliki populasi sekitar 9,5 juta orang.

162