Home Lingkungan Dua Anak Usaha Barito Group Raih Penghargaan Profer KLHK

Dua Anak Usaha Barito Group Raih Penghargaan Profer KLHK

56

Jakarta, Gatra.com– Dua anak usaha PT Barito Pacific Tbk, yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) dan Star Energy Geothermal (SEG) meraih predikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Masuknya Chandra Asri dan Star Energy ke dalam Proper kategori emas dan hijau ini menunjukkan keseriusan Grup Barito Pacific dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan dengan fokus pada aspek Environment Social Governance atau ESG," kata Wakil Presiden Direktur Barito Pacific, Rudy Suparman dalam keterangan tertulis, Selasa (4/12).

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin yang didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di di Istana Wakil Presiden RI.

Peringkat PROPER ini diberikan kepada kedua anak usaha dari Grup Barito Pacific karena dinilai memiliki komitmen terhadap pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumber daya yang efisien, serta pemberdayaan masyarakat.

Dua anak usaha Barito Pacific yang menerima peringkat PROPER adalah Star Energy Geothermal yang bergerak di sektor pembangkit listrik tenaga panas bumi yang mendapatkan peringkat PROPER Emas untuk unit Wayang Windu dan PROPER Hijau untuk unit Darajat II dan unit Salak.

Sementara Chandra Asri, anak usaha yang bergerak di sektor produsen petrokimia meraih predikat PROPER Hijau pada tahun ini untuk pabriknya yang berlokasi di Cilegon.

"Baik Chandra Asri maupun Star Energy juga secara konsisten mempertahankan peringkat emas dan hijaunya dari tahun ke tahun, sebagai bentuk komitmen pengelolaan lingkungan berkelanjutan terhadap lingkungan hidup dan pemberdayaan sosial masyarakat,” ungkap Rudy.

Peringkat PROPER diberikan bertujuan untuk mendorong ketaatan industri terhadap peraturan perundangan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Peringkat Proper terbagi menjadi dua kategori, yaitu ketaatan (Biru, Merah, Hitam) dan beyond compliance (Emas dan Hijau).

Capaian tingkat ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan hidup di 2021 ialah 645 perusahaan kategori PROPER Merah, 1.670 perusahaan kategori PROPER Biru, 186 perusahaan kategori PROPER Hijau serta 47 perusahaan kategori PROPER Emas.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS