Home Mikro Setelah 90 Tahun, Toyota Gusur GM sebagai Produsen Mobil Terlaris

Setelah 90 Tahun, Toyota Gusur GM sebagai Produsen Mobil Terlaris

247

Detroit, Gatra.com- Toyota menggusur GM sebagai produsen mobil terlaris nomor satu AS. General Motors yang berbasis di Detroit telah kehilangan mahkotanya sebagai produsen mobil AS dengan penjualan tertinggi. Toyota Jepang menendangnya dari peringkat wahid. Al Jazeera, 04/01.

Untuk pertama kalinya sejak 1931, General Motors Co. bukan pembuat mobil terlaris di AS. Perusahaan yang berbasis di Detroit itu kehilangan mahkotanya dari pesaing Jepang Toyota Motor Corp, yang mendorong penjualan 10% tahun lalu meskipun penurunan 28% pada kuartal keempat. Dengan 2,3 juta unit terjual di AS pada tahun 2021, Toyota melampaui 2,2 juta unit yang dibukukan GM.

Produsen mobil Jepang mengatakan penjualan GM kemungkinan tidak berkelanjutan. "Itu bukan tujuan kami," Jack Hollis, wakil presiden senior yang bertanggung jawab atas penjualan AS untuk Toyota, mengatakan pada panggilan konferensi dengan wartawan.

Perubahan di atas mencerminkan volatilitas setahun yang akan dengan senang hati ditinggalkan oleh banyak pembuat mobil. Dari jalur pelayaran yang macet hingga kekurangan semikonduktor, tantangan tahun 2021 membuat produsen berjuang untuk memenuhi permintaan. Sementara penjualan di seluruh industri kemungkinan naik sedikit dari tahun 2020, kendala pasokan menghancurkan harapan pemulihan cepat dari kemerosotan awal pandemi.

Pembuat mobil kemungkinan menjual tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sekitar 12,5 juta kendaraan baru pada bulan Desember, turun 23% dari tahun sebelumnya, menurut perkiraan rata-rata enam peneliti pasar yang disurvei oleh Bloomberg.

Luasnya masalah menjadi lebih jelas pada Selasa karena sebagian besar pembuat mobil utama melaporkan penjualan AS untuk kuartal keempat dan setahun penuh. Ford Motor Co. diperkirakan akan merilis angkanya pada hari Rabu.

Untuk setahun penuh, penjualan mobil kemungkinan mencapai 14,9 juta kendaraan, melonjak 2,5% dari hari-hari yang dilanda virus corona tahun 2020, menurut Cox Automotive.

Tahun ini bukannya tanpa titik terang. Tantangan inventaris membantu mendorong beberapa pembeli ke model yang lebih menguntungkan dan sarat pilihan, sementara arus utama kendaraan listrik semakin cepat. Memang, Tesla Inc. pada hari Minggu melampaui ekspektasi Wall Street dengan rekor pengiriman global triwulanan.

Pembuat mobil lain akan kesulitan untuk menyamai performa seperti itu. Kami akan melihat hasilnya sebagai laporan produsen utama sepanjang hari.

GM Kalah

Penjualan GM untuk tahun ini turun 13%, terbebani oleh penurunan 43% di kuartal terakhir. Penjualan Chevy Silverado turun lebih dari 30% dan penjualan GMC Sierra turun 21% pada kuartal tersebut. Raksasa mobil itu dengan cepat menyalahkan kendala chip atas kesengsaraannya, dengan mengatakan mereka memberikan hambatan 13% pada penjualan.

Itu memaksa GM untuk menjadi strategis tentang di mana ia mendedikasikan persediaan. Dalam kuartal yang suram, penjualan kendaraan sport besar Chevy Tahoe dan Suburban, GMC Yukon dan Cadillac Escalade semuanya naik. Itu adalah kendaraan paling menguntungkan yang dijual perusahaan.

Sangat penting bagi investor, GM mengatakan pasokan semikonduktor menjadi lebih baik menjelang akhir tahun, dan perusahaan memperkirakan peningkatan lebih lanjut pada tahun 2022.

Toyota Mengambil Alih

Kinerja Toyota tahun 2021 yang kuat didukung oleh penjualan sedan seperti Corolla dan Camry. Sementara kendaraan terlaris pembuat mobil tetap RAV4, penjualan SUV kompak sebenarnya turun 5% untuk tahun ini. Penjualan Corolla dan Camry masing-masing naik 5% dan 6,6%.

Sementara penghitungan akhir untuk industri masih akan datang, Toyota kemungkinan memperoleh satu poin pangsa pasar pada kuartal keempat, memberikan 15,5% dari penjualan dan posisi teratas. Ini pertama kalinya GM tidak menjadi No. 1 sejak 1931, saat mengalahkan Ford.

Honda Crossover Memimpin Pengiriman

Sama seperti Toyota, Honda Motor Co. berhasil mendongkrak penjualan untuk tahun ini meski pada akhirnya turun tajam. Penghitungan Desember turun 23% menjadi 105.068 kendaraan, sementara penjualan 2021 naik 8,9% menjadi 1,47 juta.

Crossover kompak Honda CR-V memimpin pengiriman, naik 8,3%. Sedan kompak Civic dan sedan menengah Accord juga berhasil, melanjutkan dominasi merek Asia di segmen tersebut. Di antara pemenang terbesar Honda: pickup Ridgeline dan SUV menengah Passport, keduanya didesain ulang untuk menampilkan tampilan yang lebih “kasar”.

Chic Murah Hyundai

Merek senama Hyundai Motor Co adalah salah satu pemenang besar tahun lalu, mencatat peningkatan 19% dalam penjualan dari tahun sebelumnya. Produsen mobil Korea memang kehilangan tenaga di bulan-bulan memudarnya tahun 2021, dengan penurunan 15% dalam pengiriman kuartal keempat menjadi 152.446 kendaraan. Untuk bulan Desember saja, penjualannya turun 23%.

Penjualan ritel AS adalah yang tertinggi yang pernah perusahaan, didukung oleh permintaan untuk model crossover subkompak Venue yang ramah anggaran, yang dimulai dari kurang dari $20.000, serta untuk SUV subkompak Kona dan SUV kompak Tucson.

Hyundai memiliki tingkat persediaan yang sebanding dengan Toyota dan pesaing Jepang lainnya, tetapi ketersediaan turun di akhir tahun, kata Randy Parker, wakil presiden senior penjualan di Hyundai Motor America. Perusahaan beradaptasi dengan mendorong dealer untuk menjual lebih banyak mobil yang belum mereka miliki.

“Anda menjadi lebih baik dalam ritel online dan menjadi lebih baik dalam pra-penjualan saluran Anda,” kata Parker dalam sebuah wawancara. “Itulah tepatnya yang kami lakukan, dan itu membantu mendorong kesuksesan kami di tahun yang sangat sulit.”

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS