Home Lingkungan Heboh Penampakan Macan di Windunegara Banyumas

Heboh Penampakan Macan di Windunegara Banyumas

1642

Banyumas, Gatra.com– Penampakan macan di wilayah hutan sekitar Windunegara, Kecamatan Wangon, membuat heboh warga Banyumas, Jawa Tengah. Terlebih penampakan macan itu kemudian viral di media sosial, Rabu (5/1).

Penampakan macan ini juga dibuktikan dengan ditemukannya jejak kucing besar tersebut. Namun, perihal jenisnya, belum ada keterangan lebih lanjut.

Keterangan yang dihimpun Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, munculnya macan itu terjadi pada Selasa sore (4/1). Saat itu, Tiwan (41 th), warga Grumbul Petek, RT 02 RW 06, Desa Windunegara,Kecamatan Wangon, Banyumas, sedang mencari rumput.

Sekitar pukul 15.00 WIB, dia dikejutkan oleh penampakan seekor hewan warna hitam kecoklatan sebesar kambing, dengan jarak 30 meter dari ia mencari rumput. Tiwan kemudian melempar hewan tersebut dengan batu dan ranting. Benar saja hewan yang dilempar batu tersebut mengaum seperti suara macan.

Karena dilempari batu, macan tersebut kemudian berlari ke arah perbukitan ke sebelah barat. Tiwan merasa ketakutan lantas bergegas naik ke pemukiman warga dan menceritakan kejadian tersebut ke masyarakat sekitar dan melaporkannya ke perangkat Desa Windunegara.

“Perangkat Desa Windunegara kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Pemerintah Kecamatan Wangon yang kemudian diteruskan ke Polsek Wangon, Koramil Wangon dan Pos Damkar Wangon,” kata Koordinator Tagana Banyumas, Heriana Ady Chandra, dalam keterangannya, Rabu malam (5/1).

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cilacap, menyatakan akan menyelidiki laporan penampakan macan ini. BKSDA Cilacap tengah menunggu surat tugas untuk penyelidikan ini.

Meski belum melakukan penyelidikan secara resmi, BKSDA menduga wilayah tersebut memang menjadi salah satu habitat macan tutul atau macan kumbang. Namun, ini adalah kali pertama laporan penampakan hewan liar tersebut.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS