Home Pendidikan Kualitas SMK Pengaruhi Masa Depan Ekonomi Indonesia

Kualitas SMK Pengaruhi Masa Depan Ekonomi Indonesia

Tangerang, Gatra.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, menilai jika peningkatan kualitas SMK urung dilakukan, imbasnya akan ada pada penurunan ekonomi yang makin rendah di masa depan.
 
Karena menurut Wikan, peningkatan kualitas SMK berbanding lurus dengan produktivitas tenaga kerja dalam negeri saat ini. 
 
Dengan tidak selarasnya kualitas SMK dengan kebutuhan industri, Ia yakin bahwa masalah klasik seperti ekonomi rendah tetap akan jadi penghias permasalahan bangsa kedepan.
 
"Ujung-ujungnya banyak pengangguran. Karena daya beli produksi kita rendah dan akhirnya itu seperti lingkaran setan," kata Wikan saat hadir di SMK PGRI 1 Tangerang, Jumat (7/1).
 
Wikan khawatir, nantinya jika peningkatan kualitas SMK tidak dilakukan, maka selamanya Indonesia hanya akan jadi negara importir. Karena faktanya saat ini, Indonesia hanya menjadi negara pengonsumsi merek impor, mulai dari teknologi hingga tayangan hiburan.
 
"Kalau semua impor, jadi kapan kita jadi negara penarik devisa besar," tegasnya.
 
Untuk itu, Wikan yakin bahwa SMK dan Pendidikan Vokasi adalah salah satu solusi Indonesia untuk keluar dari situasi tersebut. Saat ini pun pihaknya sudah mengeluarkan beberapa program untuk meningkatkan kualitas vokasi dan SMK terkhususnya.
 
Kami juga berterima kasih yang sangat luar biasa kepada PGRI yang telah turut membangun pendidikan vokasi. Slah satunya meallui program SMK Pusat Keungggulan seperti ini yang bisa melakukan pembelajaran berbasiskan proyek nyata yang berasal dari Industri, pungkasnya.
98