Home Kesehatan Pemkot Tegal Minta 20 Ribu Dosis Pfizer untuk Vaksinasi Booster

Pemkot Tegal Minta 20 Ribu Dosis Pfizer untuk Vaksinasi Booster

Tegal, Gatra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah mengajukan kebutuhan vaksin Pfizer sebanyak 20 ribu dosis untuk memulai vaksinasi booster. Vaksinasi dosis ketiga itu akan diprioritaskan untuk lansia.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, Kota Tegal sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi booster karena capaian dosis pertama sudah melampaui 70% dan dosis kedua sudah lebih dari 60%.

"Vaksinasi booster diprioritasan untuk lansia. Ini jumlahnya mulai dari usia 60 tahun sampai dengan usia 102 tahun di Kota Tegal sekitar 23 ribu orang," ujarnya usai Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi di Ruang Deviacita Polres Tegal Kota, Kamis (13/1).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Sri Primawati Indraswari mengatakan, pihaknya sedang mengajukan permohonan vaksin jenis Pfizer ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 20 ribu dosis.

"Kita sedang minta ke provinsi. Kalau besok vaksinnya sudah datang maka kita akan segera memulai vaksinasi booster,” kata Prima usai rapat.

Prima menjelaskan, penerima vaksin Sinovac untuk dosis pertama dan kedua akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca. "Untuk vaksin dosis pertama dan keduanya AstraZeneca, maka vaksin boosternya setengah dosis Moderna," jelasnya.

Menurut Prima, persiapan pelaksanaan vaksinasi booster sudah dilakukan, di antaranya mendata sasaran dan menyiapkan tempat penyimpanan vaksin.

"Tempat penyimpanan vaksin suhunya harus minus 20 derajat celcius dan vaksinnya harus cepat dihabiskan. Sudah kita siapkan," kata dia.

1057