Home Hukum Lagi! Nama dan Foto Bupati Pati Dipakai untuk Menipu, Sasaran dan Modusnya Baru

Lagi! Nama dan Foto Bupati Pati Dipakai untuk Menipu, Sasaran dan Modusnya Baru

1082

Pati, Gatra.com- Sejumlah lembaga keagaaman di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kembali menjadi target penipuan. Lagi-lagi, pelaku mencatut nama dan foto Bupati Pati Haryanto, untuk meyakinkan calon korbannya.

Modusnya, dengan menggunakan nomor +6281233627892, pelaku mengaku sebagai bupati dan akan memberikan sedekah melalui rekening lembaga keagamaan.

Akun abal-abal tersebut, menginformasikan jikq telah mentransfer sejumlah uang ke rekening lembaga dengan disertai bukti transfer melalui ATM.

Kemudian, penipu yang berpura-pura sebagai bupati itu meminta pengurus lembaga untuk mentransferkan sejumlah uang ke nomor rekening lembaga keagaaman lain, dengan dalih berbagi sedekah.

Pengurus lembaga keagaaman yang merasa janggal akan hal itu, selanjutnya mengkonfirmasi langsung kebenaran persoalan itu kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Pati. Ternyata bukti transfer yang dilayangkan adalah palsu.

Bupati Pati, Haryanto, memastikan akun yang mengatasnamakan dirinya adalah palsu. Dan tujuan akun tersebut yakni untuk melakukan penipuan. Bahkan dikatakannya modus seperti ini telah berlangsung berulang kali. Iapun meminta agar masyarakat jangan mudah tertipu.

"Bukan sekali ini saja. Bahkan foto juga asal mengambil dari internet itu. Waspadai penipuan. Bila terjadi di lembaga lain, segera konfirmasi ke Pemkab. Jangan asal percaya dengan berbagai modus penipuan seperti mengatasnamakan pejabat publik," ujarnya, Kamis (13/1).

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS