Home Gaya Hidup Konsisten Dukung Literasi Zakat, UIN Walisongo Terima Baznas Award 2022

Konsisten Dukung Literasi Zakat, UIN Walisongo Terima Baznas Award 2022

Jakarta, Gatra.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang meraih penghargaan Baznas Award 2022 untuk kategori Lembaga Pendidikan Pendukung Literasi Zakat, Senin (17/1).

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan penghargaan kepada pada para tokoh, lembaga hingga perguruan tinggi yang dipandang memberikan kontribusi positif bagi pengembangan zakat nasional. UIN Walisongo Semarang dipandang sebagai perguruan tinggi yang selama ini konsisten dalam melakukan edukasi zakat kepada masyarakat luas.

Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UIN Walisongo Semarang, yang telah berperan aktif dalam memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya zakat bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh keluarga besar UIN Walisongo Semarang, penghargaan ini semoga semakin meneguhkan kita menjadi kampus amil sekaligus berperan penting bagi literasi zakat di level nasional,” ungkapnya.

Imam Taufiq mengungkapkan, penghargaan dari Baznas ini menjadi bukti bahwa literasi pemahaman zakat, kepercayaan, ilmu dan amal bertemu di kampus UIN Walisongo Semarang. "Penghargaan ini sekaligus memberi arti bahwa literasi pemahaman zakat, kepercayaan sekaligus ilmu dan amal bertemu di UIN Walisongo Semarang,” sebutnya.

UIN Walisongo Semarang menurutnya, penting untuk menjadi contoh terbaik bagaimana penerapan dan edukasi mengenai zakat dijalankan dengan secara optimal. "Sebagai kampus Islam, UIN Walisongo harus tampil menjadi contoh terbaik bagaimana penerapan zakat diterapkan, serta terus berperan penting dalam peningkatan literasi zakat kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo menegaskan, potensi zakat yang sangat besar di Indonesia, dapat menjadi motor penggerak ekonomi nasional. "Dengan potensi zakat yang besar, saya yakin zakat dapat menjadi motor penggerak ekonomi nasional,” ujarnya.

Ketua Baznas Prof. Dr. H. Noor Achmad, M.A mengatakan, capaian zakat nasional dari tahun demi tahun telah mengalami perkembangan yang terus signifikan. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang konsisten mendukung dan mempercayakan penuh pengelolaan zakat kepada Baznas" ujarnya.

Masyarakat telah memberi kepercayaan penuh kepada Baznas, tambahnya, hingga capaian Baznas meningkat hingga 130% pada tahun lalu.

174