Home BUMN Dorong Inovasi Pelajar dan Mahasiswa, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Sukses Gelar Idea Competition

Dorong Inovasi Pelajar dan Mahasiswa, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Sukses Gelar Idea Competition

75

Semarang, Gatra.com - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah melalui Agent of Change (AOC) Sekawan sukses menyelenggarakan Idea Competition tingkat universitas/sederajat dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Khususnya untuk wilayah Jawa Bagian Tengah meliputi provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Penganugerahan kepada 6 tim pemenang dari tingkat mahasiswa maupun pelajar SMA, bertempat di Patra Semarang pada Senin (24/1). Penganugerahan pemenang diserahkan secara langsung oleh Executive General Manager Regional Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga, Putut Andriatno kepada para pemenang juara pertama hingga ketiga dari masing-masing tingkat lomba.

Pemenang tingkat universitas/sederajat di antaranya Juara 1 Universitas Diponegoro (Muhammad Khoirul Umam, Mohammad Ashari Qodhi, Syahrul Nur Hidayatulloh, Muhammad Rizki Arya Bhayangkara).

Adapun juara 2 adalah Universitas Gadjah Mada (Yusuf Idha Yogatama, Bondan Indriaji, Evan Alvaro Radeva, Nabila Tasya Arfikah, Zahwa Devarrah Widyatamaka), dan Juara 3 Universitas Gadjah Mada (Fauzan Yudhistira Hayudanto, Andreas Caesario, Din Prabaningtyas, Evy Sholikhah Afnur, Farkhana Laily).

Para pemenang Idea Competition tingkat mahasiswa berfoto bersama usai penganugerahan penghargaan. (Dok. PT Pertamina)

Sementara untuk pemenang tingkat SMA/sederajat di antaranya Juara 1 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta (Nadya Ursula Sarasdewi, Rivera Josephine Wijaya), Juara 2 SMKN 7 Semarang (Fadhel Maulana Yasa, Mushafa Fadzan Andira, Muhammad Iqbal Ali, Muhammad Farhan Ardisa, Marsela Nur Choirunnisa), dan Juara 3 SMAN 1 Kudus (Fayyaza Nadia Hanun, Kelfin Ilyas Prassetyo).

Pejabat sementara (Pjs.) Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga, Marthia Mulia Asri mengatakan AOC Sekawan merupakan salah satu organisasi pekerja yang berada di bawah naungan Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah yang menjalankan sejumlah program budaya perusahaan, baik di lingkungan internal pekerja maupun eksternal dengan stakeholders perusahaan.

“Idea Competition yang diselenggarakan oleh AOC Sekawan ini merupakan salah satu bentuk internalisasi budaya perusahaan, khususnya terkait inovasi. Tidak hanya kepada kami sebagai pekerja Pertamina tapi juga kepada mahasiswa dan pelajar yang merupakan stakeholders Pertamina dapat memberikan masukan terkait proses bisnis Pertamina,” ujar Marthia dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/1).

Juara 1 Idea Competition tingkat SMA sederajat dari SMA Stella Duce 1 Yogyakarta saat penganugerahan penghargaan. (Dok. PT Pertamina)

Menurutnya, inovasi-inovasi yang dilahirkan dalam ajang kompetisi ini berpotensi untuk difasilitasi Pertamina baik untuk dikembangkan lebih lanjut maupun diimplementasikan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara nyata.

“Tidak menutup kemungkinan Pertamina dapat memfasilitasi inovasi-inovasi yang diikutkan dalam ajang kompetisi ini, baik dalam proses inti bisnis Pertamina maupun di luar proses bisnis inti Pertamina, misalnya dalam program pemberdayaan masyarakat atau CSR,” ujar Marthia.

Di sela kegiatan penganugerahaan pemenang, Ketua AOC Sekawan, Muhammad Thoha mengatakan Idea Competition kali ini merupakan penyelenggaran kali pertama dan berhasil mendapat respon positif dari peserta.

Juara 1 Idea Competition tingkat mahasiswa dari Universitas Diponegoro saat penganugerahan penghargaan. (Dok. PT Pertamina)

“Sedikitnya terkumpul 124 judul inovasi yang diajukan dari 44 tim SMA/sederajat dan 80 tim universitas/sederajat, yang terdiri dari beberapa tema, di antaranya Energi Baru Terbarukan, Inovasi Pengelolaan Lingkungan, Digitalisasi, dan Booster Produk Pertamax Series & BrightGas,” imbuhnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS