Home Lingkungan Terapkan Daur Ulang, Kepala Madrasah Raih Indonesia Green Principal Award 2022

Terapkan Daur Ulang, Kepala Madrasah Raih Indonesia Green Principal Award 2022

1479

 

Banyumas, Gatra.com– Kepala Madrasah Ibdtidaiyah (MI) yang juga mahasiswa Magister Pendidikan Dasar (Pendas) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Indra Gunawan meraih Indonesia Green Principal Award 2022.

Penghargaan tersebut dalam kategori Outstanding Program Planning On Recycle Circular Award atau penghargaan untuk sekolah yang mampu membuat perencanaan program daur ulang terbaik. Katagori lain yaitu, Outstanding Dedicated Principal on Circular School Initiative.

Indra Gunawan mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada kepala sekolah memiliki dedikasi tinggi terhadap program sekolah Sirkular. Dalam hal ini, MI Muhammadiyah dinilai mampu menerapkan program daur ulang.

Karena prestasinya itu, ia juga berkesempatan mengikuti workshop. Dalam workhsop peserta mempelajari sirkular dan prinsip ekonomi sirkular.

“Di sana Kami banyak sekali hal yang dipelajari dalam 3 hari selama workshop. Para peserta belajar banyak tentang planet bumi, menghitung seberapa boros sumber daya yang kita pakai, model bisnis canvas utk sekolah. Kesemuanya adalah bagian dari program ekonomi sirkular bagi sekolah,” katanya, di Banyumas, Kamis (27/1).

Dia menjelaskan, sekolahnya akan mendapatkan pendampingan untuk pelaksanaan program yang telah direncanakan. Pendampingan akan dilakukan langsung oleh Pusat Inovasi AgroTeknologi (PIAT) UGM Yogyakarta dan Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM Yogyakarta.

“Pendampingan ini untuk memastikan MI Muhammadiyah Patikraja akan menjadi sekolah Sirkular, yaitu sekolah yang mampu mencapai zero waste dan menerapkan prinsip Ekonomi Sirkular (Circular Ekonomi) yang disebut dengan 5R (Rethink, Reduce, Reuse, Repair dan Recycle) dalam pengelolaan sekolahya,” ucap dia.

Sementara, Ketua Program Studi Magister Pendidikan Dasar Dr Subuh Anggoro bangga atas keberhasilan yang telah diraih Indra Gunawan tersebut.

“Semoga prestasi yang diraih mahasiswa Pendas UMP ini, menjadi motivasi bagi mahasiswa Magister Pendidikan Dasar lain untuk berprestasi di tingkat nasional,” kata Subuh, Kamis.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS