Home Regional Proyek Jembatan Dituding Bermasalah, Belum 3 Tahun Sudah Ambrol

Proyek Jembatan Dituding Bermasalah, Belum 3 Tahun Sudah Ambrol

Karanganyar, Gatra.com - Jembatan Kedung Caluk di Desa Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar, Jateng menunjukkan konstruksinya rapuh. Belum tiga tahun pascapembangunan, sayap jembatan sudah runtuh.

"Saya minta dilakukan evaluasi dan pemeriksaan lapangan untuk mengetahui kualitas bangunan jembatan. Termasuk talud yang tergerus air sungai," kata Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Rohadi Widodo kepada Gatra.com, Minggu (30/1).

Sayap jembatan itu ambrol pada Jumat (28/1). Jembatan yang baru berusia dua tahun ini ambrol sepanjang lima meter.

Menurut Rohadi, ambrolnya talud penopang jembatan Denok tersebut lebih disebabkan kurang cermat dalam hal perencanaan serta tidak mengantisipasi kemampuan bangunan yang mampu bertahan dengan debit air tertentu.

Ia meminta Komisi C dan dinas pekerjaan umum mengecek lagi jembatan itu secara keseluruhan.

Jembatan sepanjang 12 meter dan lebar tujuh meter ini dibangun Pemkab Karanganyar melalui Dana Alokasi Umum (DAU) 2019 senilai Rp845 juta. Jembatan tersebut merupakan jalan alternatif penghubung Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen.

Lantaran sayap jembatan runtuh, sekarang hanya bisa dilewati pejalan kaki dan sepeda ontel. Kendaraan bermotor dialihkan memutar jalan kampung.

Warga Mojogedang, Slamet (54) mengaku setiap hari memanfaatkan jalur alternatif tersebut untuk beraktivitas baik ke wilayah Karanganyar kota maupun Kabupaten Sragen. Namun kini dia merasa waswas saat melintasinya apabila jembatan tersebut ambruk. Kini, akses ke jembatan dibatasi. Kendaraan bermotor dialihkan memutar ke jalan kampung karena jembatan rapuh.

"Kondisinya sudah sangat berbahaya karena tanah di bagian bawah jalan ke jembatan sudah ambrol. Kalau dilewati kendaraan berat lama-lama jembatan bisa ambruk," tuturnya.

Dia pun menyayangkan proyek pemkab tersebut. Menurutnya kualitas proyek pembangunan jembatan sangat buruk. Sebab jembatan baru dibangun pada 2019 lalu tapi sudah ambrol.

1172