Home Lingkungan SMKN 5 Banjarmasin Menuju Sekolah Bebas Sampah Plastik

SMKN 5 Banjarmasin Menuju Sekolah Bebas Sampah Plastik

68

Banjarmasin, Gatra.com - Seluruh siswa SMKN 5 Banjarmasin, Kalimantan Selatan wajib membawa sampah plastik ketika meninggalkan sekolah usai proses belajar. Sebuah gerobak sampah berukuran besar disiapkan di depan pintu keluar. Upaya itu dilakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari sampah plastik.

Kepala SMKN 5 Banjarmasin, Dr. Drs.H. Syahrir, MM mengungkapkan, sebagai rumah kedua, sekolah harus selalu bersih dan terawat agar semua yang beraktivitas di sekolah merasa nyaman.

"Menjaga lingkungan sekolah dari sampah tidak hanya menjadi tugas dari petugas kebersihan, tetapi tugas dan tanggungjawab bersama untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dari sampah," ujar Syahrir kepada Gatra.com di Banjarmasin, Selasa (1/2).

Disampaikannya, ide agar SMKN 5 bebas dari sampah plastik muncul ketika melihat kondisi lingkungan sekolah yang luasnya 4,3 hektar dan hanya memiliki 5 orang petugas kebersihan dengan jumlah siswa 2.725 orang.

"Jumlah siswa sebanyak itu terkadang kesadaran untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan masih rendah dan siswa-siswa selama ini tak jarang membuang sampah sembarangan, sehingga membuat kewalahan petugas kebersihan," ujarnya.

Syahrir berujar, kebiasaan membawa sampah plastik ketika pulang sekolah ini akan terus di tumbuhkembangkan untuk melatih siswa hidup bersih dan sebagai salahsatu upaya pembentukan karakter.

"Secara perlahan, kita terus berupaya mengurangi penggunaan plastik di sekolah. Kita mulai dulu dengan berupaya lingkungan sekolah tidak ada lagi terlihat sampah plastik yang berserakan. Tujuan kita kedepan, SMKN 5 Banjarmasin bebas dari sampah plastik," ujarnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS