Home Lingkungan Sambaran Petir Tunggal hampir Sepanjang Pulau Jawa Pecahkan Rekor

Sambaran Petir Tunggal hampir Sepanjang Pulau Jawa Pecahkan Rekor

118

 

Jenewa, Gatra.com- Sebuah sambaran petir yang membentang sejauh 768 kilometer (477,2 mil) melintasi Amerika Serikat bagian selatan pada tahun 2020 adalah pemegang rekor dunia baru untuk kilatan tunggal terpanjang, menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO). Al Jazeera, 01/02.

Mega kilat hampir sepanjang pulau Jawa itu meluas melintasi negara bagian Texas, Louisiana, dan Mississippi pada 29 April 2020, mengalahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan pada 31 Oktober 2018, di Brasil sejauh 709 km (440,6 mil), kata badan PBB itu pada Selasa, 1/2.

Melaporkan rekor terpisah, WMO mengatakan satu kilatan petir di Uruguay dan Argentina utara pada 18 Juni 2020, berlangsung 17,1 detik, melampaui rekor lama 16,7 detik.

Temuan Komite Cuaca dan Iklim Ekstrim WMO diterbitkan dalam Buletin Masyarakat Meteorologi Amerika. Profesor Randall Cerveny, pelapor cuaca dan iklim ekstrem untuk WMO, menggambarkan dua catatan itu sebagai "luar biasa".

“Lingkungan ekstrim adalah pengukuran langsung dari kekuatan alam, serta kemajuan ilmiah untuk dapat membuat penilaian seperti itu,” katanya. “Kemungkinan ekstrem yang lebih besar masih ada, dan kami akan dapat mengamatinya seiring dengan peningkatan teknologi pendeteksian petir.”

Ron Holle, spesialis petir dan anggota komite, mengatakan, “Peristiwa petir yang sangat besar dan berlangsung lama ini tidak terisolasi tetapi terjadi selama badai petir aktif. Setiap kali ada guntur terdengar, inilah saatnya untuk mencapai tempat yang aman dari petir.”

Dia menambahkan: “Satu-satunya lokasi yang aman dari petir adalah bangunan besar yang memiliki kabel dan pipa ledeng; bukan struktur seperti di pantai atau halte bus. Lokasi aman kedua yang andal adalah di dalam kendaraan berlapis logam yang sepenuhnya tertutup; bukan sepeda motor.

“Jika petir berada dalam jarak 10 km [6.2 mil] seperti yang ditemukan dengan data petir yang andal, pergilah ke gedung atau kendaraan yang aman dari petir. Seperti yang ditunjukkan oleh kasus-kasus ekstrem ini, kilat dapat tiba dalam hitungan detik dari jarak yang jauh, tetapi mereka tertanam dalam badai petir yang lebih besar, jadi waspadalah.”

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS