Home Kalimantan RSJD Sambang Lihum Optimis Taman ‘Jendela Jiwa’ Bantu Percepat Penyembuhan ODGJ

RSJD Sambang Lihum Optimis Taman ‘Jendela Jiwa’ Bantu Percepat Penyembuhan ODGJ

46

Banjarbaru, Gatra.com – Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum yang berlokasi di Jalan Gubernur Syarkawi, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya melakukan inovasi untuk mempercepat penyembuhan pasein gangguan jiwa yang sedang menjalani perawatan.

Inovasi itu adalah dibangunnya taman “Jendela Jiwa” dengan luas 500 meter persegi yang berlokasi di lingkungan rumah sakit. Plt Dirut RSJD Sambang Lihum, Berkatullah mengungkapkan, taman semacam itu satu-satunya di Indonesia dan menjadi kebanggan rumah sakit.

Baca Juga: Ribuan Warga Terkena Gangguan Jiwa, RSUD Kendal Sediakan Ruang Perawatan

"Sejak diresmikan April 2019 lalu, taman penyembuhan diri ‘Jendela Jiwa’ ini dimanfaatkan untuk terapi pasien. Namun, tak sedikit keluarga maupun pengunjung lainnya datang untuk bersantai," ujar Berkatullah kepada Gatra.com di Martapura, Jumat (4/2).

Dibeberkannya, taman itu didesain dengan seindah dan senyaman mungkin. Selain ada taman bunga, juga ada kolam ikan, air mancur, dan tangga layang melingkar ditambah pagar bercat putih tulang.

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) didampingi perawat secara bergiliran masuk ke taman. Pasien diajak berkeliling taman sambil melakukan sejumlah aktivitas, misalnya memberi makan ikan. Durasi aktivitas di taman bervariasi, ada yang 30 menit, ada pula yang satu jam.

Baca Juga: Riskesdas: Lebih dari 19 Juta Orang Alami Gangguan Mental

Sambil berkeliling, para pasien juga diputarkan alunan ayat Al-Quran bagi yang Muslim dan musik rohani bagi yang beragama Kristen. "Semuanya kami sesuaikan," tambah dia.

Kedepannya, manajemen rumah sakit bakal terus melakukan pengkajian lebih dalam. Sehingga taman ini bisa benar-benar ampuh bisa membantu penyembuhan pasien di Sambang Lihum. 

"Sejauh ini sudah sangat membantu pasien, terutama dalam edukasi. Rumah sakit lain juga banyak yang datang ke tempat kita untuk studi banding dan akan mengadopsi inovasi kita," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS