Home BUMN Aksi Donor Darah Peringati Bulan K3, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah

Aksi Donor Darah Peringati Bulan K3, Semen Gresik Sumbang Ratusan Kantong Darah

52

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik (PTSG) menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang dan Komunitas OASE, mewujudkan kepedulian sosial dengan menggelar aksi donor darah dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional.

Kegiatan yang diikuti 105 pendonor dari karyawan organik dan mitra kerja PTSG dilaksanakan di Gedung Batu Kapur, Pabrik Rembang, Selasa (8/2).

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata menjelaskan, kegiatan donor darah guna memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022 ini, merupakan bentuk nyata perusahaan membantu unit transfusi darah PMI, sekaligus meningkatkan rasa kepedulian sosial kepada sesama.

“Sumbangan darah merupakan aksi kemanusiaan dan kontribusi nyata ke masyarakat. Kegiatan ini juga bertujuan memfasilitasi karyawan yang berkeinginan donor darah tanpa perlu pergi jauh ke PMI,” ujar Dharma dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/2).

Dharma menambahkan, agenda ini diinisiasi Komunitas OASE, sebuah komunitas karyawan Semen Gresik yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Komunitas yang didirikan akhir tahun 2019 akhir rutin menyelenggarakan program donor darah.

Para karyawan PTSG mengantre untuk mendonorkan darahnya selepas dinyatakan lolos dari proses screening kesehatan. (Dok. PTSG)

Lanjut dia, donor darah PTSG diselenggarakan setiap tiga bulan sekali. Kali ini merupakan yang pertama di tahun 2022. “Kami bersyukur tindakan mulia ini berhasil menggerakkan hati nurani karyawan untuk mau mendonorkan darah. Sejak ada kegiatan donor, banyak karyawan Semen Gresik yang belum pernah mendonor lalu mencoba donor,” tambahnya.

Ditambahkan Dharma, OASE proaktif mengadakan aksi donor darah karena melihat Rembang masih menjadi daerah dengan pemenuhan kebutuhan kantong darah yang rendah di banding kabupaten sekitar lainnya. Oleh karena itu, ada inisiatif membantu PMI untuk meningkatkan jumlah kantong darah PMI Rembang per tahunnya.

“Sejak dipublikasi melalui flyer, email dan grup WA, langsung mendapatkan respons positif. Kegiatan ini telah menghasilkan 100 lebih kantong darah yang siap disumbangkan ke PMI,” jelasnya.

Di bagian lain, perwakilan PMI Rembang Ervin Nur Cahyanti menyampaikan terima kasih kepada PTSG karena rutin mengadakan donor darah tiga bulan sekali. Menurutnya, donor darah berdampak positif bagi kesehatan tubuh, memberikan harapan hidup bagi sesama dan membantu memenuhi stok darah PMI Rembang.

“Kegiatan ini berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan, terutama untuk antrean karena pendaftaran sudah dilakukan secara online sehingga tidak ada kerumunan,” tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS